Wah! Google Temukan Celah Buat Hacker Bobol iPhone Jarak Jauh

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 December 2020 19:21
Infografis/Awas Dibobol Hacker Jangan Pakai  10 Password Buruk Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Perangkat Apple ternyata memiliki celah keamanan. Pelaku peretasan dengan mudah melakukan kejahatan tanpa harus berada di dekat korbannya.

Peneliti keamanan Google Project Zero, Ian Beer menemukan jika sejumlah perangkat dari Apple bisa diretas secara remote. Kejadian ini berlangsung hingga Mei lalu.

Selain meretas, para pelaku kejahatan juga bisa mengontrol perangkat korbannya termasuk membaca email dan pesan lain, serta mengunduh foto. Parahnya juga bisa melihat dan mendengarkan pemilik perangkat lewat kamera serta mikrofon iPhone, dikutip The Verge, Jumat (4/12/2020).


Beer menjelaskan semua itu bisa dilakukan karena seluruh perangkat Apple sekarang yakni iPhone, iPad, Mac dan jam tangan menggunakan protokol bernama Apple Wireless Direct Link.

AWDL ini membuat jaringan saling bertautan untuk fitur seperti AirDrop yang memudahkan pengguna mengirimkan foto serta file ke perangkat iOS lain. Atau Sidecar akan mengubah dengan cepat iPad jadi layar kedua.

Beer juga menemukan cara menyalakan AWDL walaupun sudah pernah dimatikan sebelumnya. Dia menyatakan jika tidak ada bukti eksploitasi ini dilakukan secara liar.

Beer juga menyatakan butuh waktu selama enam bulan untuk mengungkap, memverifikasi dan mendemostrasikan eksploitasi ini. Menurutnya walau masalah tersebut sudah selesai dari Mei sebaiknya tetap tidak menganggap peretasan tersebut sebagai hal ringan.

Pihak Apple tidak membantah adanya eksploitasi. Namun menurut perusahaan, sebagian besar pengguna perangkatnya sudah menggunakan versi iOS terbaru yang telah melakukan penambalan masalah.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading