Hebatnya Orang Jepang, Bikin Robot Gundam Raksasa Bergerak

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 September 2020 17:44
A man takes photos of a 1/3 scale model of the giant robot Gundam, made of steel and fabric glass, displayed during an exhibition in Hong Kong's Times Square Friday, Aug. 2, 2013. The 2-ton (4.409-pound) and 6-meter (19-foot, 7-inch)-tall figure is said to be the largest Gundam ever showcased outside of Japan. (AP Photo/Vincent Yu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Covid-19) rupanya tidak menghentikan proyek robot raksasa di Jepang. Proyek robot raksasa dari karakter serial anime klasik "Mobile Suit Gundam", yang populer pada akhir tahun 1970-an, kini telah selesai dirakit dan tengah menjalani pengujian di Kota Yokohama, Jepang.

Pada Senin (21/9/2020), Twitter ramai dengan video yang memperlihatkan robot Gundam raksasa itu berjalan, berlutut, dan menggerakkan tangan di Gundam Factory Yokohama.

Robot yang sudah dikerjakan sejak 2014 ini memiliki tinggi hampir 18 meter, berat 24 ton, dengan lebih dari 200 buah bagian yang terbuat dari campuran baja dan plastik yang diperkuat serat karbon.


Proyek ini sendiri merupakan atraksi baru di Gundam Factory Yokohama, yang nantinya akan memungkinkan penggemar dari seluruh dunia untuk lebih dekat dengan karakter ini dan belajar mengenai bagaimana robot ini dibuat.

Atraksi itu dijadwalkan dibuka pada Oktober 2020 tetapi, karena pandemi virus corona, pengunjung kini harus menunggu sedikit lebih lama.

"Keputusan ini dibuat untuk memastikan kesehatan dan keselamatan penggemar dan karyawan kami dalam menanggapi penyebaran COVID-19 di seluruh dunia," kata perusahaan yang mengoperasikan situs tersebut dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN International, Jumat (25/9/2020).

"Kami meminta maaf kepada semua penggemar kami yang menantikan grand opening kami dan meminta pengertian Anda."

Mobile Suit Gundam merupakan franchise media atau campuran media fiksi ilmiah militer Jepang yang dibuat dan disutradarai oleh Yoshiyuki Tomino serta diproduksi dan dianimasikan oleh Nippon Sunrise.

Pada Maret 2020, Gundam secara tidak langsung dimiliki sepenuhnya oleh Bandai Namco Holdings melalui anak perusahaan Sotsu dan Sunrise. Waralaba ini menampilkan robot raksasa dengan nama "Gundam".

Tayangan Gundam muncul perdana lewat Nagoya Broadcasting Network dan stasiun ANN afiliasinya pada tanggal 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980, dan menghasilkan 43 episode. Tak sampai situ, Gundam kemudian diadaptasi menjadi banyak sekuel dan spin-off hingga kini.

Kisah Gundam berlatar tahun kalender futuristik "Abad Universal" 0079. Plotnya berfokus pada perang antara Kerajaan Zeon dan Federasi Bumi, dengan meluncurkan robot raksasa baru yang dikenal sebagai RX-78-2 Gundam yang digerakan oleh Amuro Ray, remaja yang mengerti teknik sipil mekanik.

Tayangan anime khas Jepang sendiri muncul pada awal 1900-an ketika seniman Negeri Sakura, seperti Oten Shimokawa mulai bereksperimen melalui trial and error untuk membuat film animasi pendek.

Tapi saat itu, animasi sangat mahal untuk diproduksi, dan karya dari Jepang dibayangi oleh kesuksesan Disney. Selama Perang Dunia II, anime meluas ketika pemerintah militer Jepang memerintahkan para animator untuk membuat film propaganda untuk mempengaruhi massa.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading