Bos BCA Bongkar Rahasia M-Banking Gampang Dibobol

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
05 September 2020 20:00
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Tangkapan Layar Webinar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hati-hati untuk kamu yang sering mengganti nomor ponsel. Pasalnya penjahat zaman kini dapat dengan mudah membobol rekening bank seseorang hanya dengan nomor ponsel.

Hal ini dibenarkan oleh Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja dalam Webinar bertajuk "Sistem Pembayaran Digital Jadi Jurus Ampuh Saat Pandemi Covid-19 & Masa Depan" pada Kamis (3/9/2020) lalu.

Dalam webinar tersebut, Jahja mengungkap modus pembobolan mobile banking (m-banking) atau internet banking melalui nomor ponsel lama yang tak dipakai lagi.


"Banyak kejadian masyarakat tidak sadar ganti nomor telepon, tetapi nomor telepon lama diabaikan. Kalau tidak menggunakan password ada orang menggunakan nomor itu, password m-banking mudah sekali dijebol," ujar Jahja.

Dalam bertransaksi m-Banking atau internet banking, tidak sedikit nasabah mendaftarkan nomor ponsel lama dan ketika berganti SIM Card, nomor baru tidak daftarkan ke bank. Alhasil ketika bertransaksi one time password (OTP) akan dikirimkan ke nomor lama.

Bila nomor lama tersebut sudah dikuasai oleh para pelaku kejahatan, menurut Jahja, maka mereka bisa menggunakannya untuk membobol rekening bank nasabah.

Begini Cara Kerja Sindikat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading