Cara Gunakan Google Classroom, Buat Sekolah Online

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
25 August 2020 14:28
Sejumlah siswa belajar menggunakan fasilitas wifi gratis di Sanggar Suluk Nusantara di Wilayah Perumahan Depok Mulya 1, Depok, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020). Sri Wiwoho pemilik sanggar budaya sekaligus warga yang memprakarsai wifi gratis ini mengungkap Fasilitas wifi itu disediakan sebagai bentuk kepedulian atas kesulitan biaya untuk kebutuhan belajar daring

Jakarta, CNBC Indonesia - Para siswa dan siswi masih belum bisa sekolah tatap muka. Mereka harus tetap menerapkan sekolah jarak jauh dan memanfaatkan Google Classroom untuk proses belajar sehari-hari.

Belajar jarak jauh diterapkan untuk mencegah penularan virus corona pada siswa atau siswi sekolah. Hingga saat ini belum sekolah yang menggelar tatap muka atau mengajar di kelas.

Nah, salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar jarak jauh adalah Google Classroom. Aplikasi ini bisa digunakan oleh guru dan murid secara gratis. Sederhananya, aplikasi ini membantu pengajar untuk membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan dan melihat semuanya di satu tempat.


Untuk bisa menggunakan layanan ini, guru atau siswa harus memiliki akun sekolah atau dikenal dengan G Suite for Education yang disiapkan oleh sekolah yang terakreditasi. Kemudian akun google pribadi dan akun G Suite yang disiapkan oleh admin organisasi.

Berikut cara menggunakan Google Classroom:

a. Login pertama kali

  1. Buka classroom.google.com, lalu klik Buka Classroom
  2. Masukkan alamat email Classroom dan klik Next
  3. Masukkan password dan klik next
  4. Jika ada pesan selamat datang, tinjau pesan tersebut, lalu klik Terima.
  5. Jika Anda menggunakan akun G Suite for Education, klik Saya Seorang Siswa atau Saya Seorang Pengajar.
  6. Klik mulai

b. Cara akses Classroom tinggal buka menu tiga garus di atas untuk mengakses: kelas, Kalender, Daftar Tugas dan Setelan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading