Bye Corona! Vaksin Merah Putih & 5 Senjata Pamungkas Jokowi

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 August 2020 07:50
Presiden RI Jokowi  (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro memberikan update terkait dengan penanganan Covid-19.

Bambang memaparkan sudah punya 60 lebih produk inovasi.

"Tetapi yang utama ada sekitar lima produk yang difokuskan," tegas Bambang seperti ditulis CNBC Indonesia, Senin (24/8/2020).

Kelima produk tersebut adalah :

1. Rapid Test Covid 19 yang telah diproduksi dan diharapkan 1 juta unit per bulan dapat di produksi bulan depan. Kemudian meningkat menjadi 2 juta/bulan dan bulan-bulan berikutnya bisa naik 2 juta. Saat ini sedang dipastikan kesiapan industrinya.


2. PCR test kit Covid 19 yang statusnya saat ini sudah diproduksi hingga 2 juta per bulan.


3. Vaksin Merah Putih untuk lawan Covid-19 yang ditargetkan akan diproduksi pertengahan tahun depan.


4. Suplemen untuk meningkatan daya tahan tubuh yang prosesnya sedang menunggu konfirmasi dari BPOM untuk menjadi suplemen.


5. Pengembangan Bio Safety Laboratorium (BSL-2), yang sudah di gunakan di Rumah Sakit TNI Angkatan Darat M Ridwan Meuraksa.


Bambang memastikan akan melakukan koordinasi untuk menjaga keberlanjutan serta hilirisasi dari kelima produk inovasi tersebut.

"Mitra untuk hilirisasi itu adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian BUMN untuk memastikan komersialisasi produk inovasi dalam skala besar," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading