Cara Convert PDF ke Image JPG di Komputer PC dan macOS

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
15 July 2020 11:29
PDF. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Convert PDF ke image JPG kini bukan perkara sulit. Banyak situs yang menyediakan layanan ini. Namun apakah situs pihak ketiga graits ini bisa dipercaya.

Tidak ada jaminan bila kamu convert PDF ke image JPG akan berhasil dan bebas dari virus jahat malware yang bisa membuat perangkat bermasalah. Namun kini melakukan hal ini tidak perlu download atau install aplikasi pihak ketiga apapun.

Berikut cara convert PDF ke image JPG melalui komputer macOS dan Windows 10 seperti dikutip dari TechRadar, Rabu (15/7/2020):


Melalui macOS

Terima kasih kepada Preview macOS, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi lain untuk convert PDG ke image JPG. Dengan aplikasi Preview kamu bisa mengkonversi file ke beberapa format berbeda seperti PNG, TOFF dan tentu saja JPG. Berikut caranya:

1. Buka file PDF di Preview
2. Pilih halaman yang ingin dikonversi ke JPG dan buka File > Export ...
3. Kontak dialog akan terbuka. Di bawah Format, pilih JPEG. Tentukan kualitas dan resolusi serta folder yang akan jadi tempat penyimpanan.
4. Pilih save.

Preview menghadirkan tampilan sederhan, jika Preview kurang memuaskan kamu bisa menggunkan Adobe Acrobat DC. Berikut caranya:

1. Buka file PDF di Acrobat DC. Di sebelah kanan pilih Export PDF.
2. Pilih image >JPEG. Jika perlu, klik ikon setting di sebelah JPEG untuk mengubah pengaturan file, warna dan konversi, lalu tekan OK.
3. Biarkan "Export all images" tidak dicentang kemudian klik Export.
4. Pilih atau buat folder tempat penyimpanan dan klik save.

Melalui Windows 10

Pada Windows 10 butuh aplikasi yang download dari Microsoft Store. Jadi aplikasi dipastikan aman digunakan dan bebas malware. Opsi pertama menggunakan Acrobat PDF. Berikut caranya:

1. Buka file PDF Anda di Acrobat DC. Di sebelah kanan pilih Export PDF.
2. Pilih image . JPEG. Jika perlu, klik ikon Setting di sebelah JPEG untuk mengubah pengaturan file, warna dan konversi, lalu tekan OK.
3. Biarkan "Export all images" tidak dicentang kemudian klik Export.
4. Pilih folder tempat penyimpanan dan klik Save.

Metode kedua menggunakan aplikasi PDF ke JPEG yang tersedia gratis di Microsoft Store. Aplikasi ini sangat sederhana, sehingga mudah digunakan. Berikut caranya:

1. Buka konverter PDF ke JPEG, lalu klik ikon Select File.
2. Kotak dialog akan terbuka. Di sana, pilih file PDF yang ingin dikonversi.
3. Setelah file terbuka, klik Konversi. Setelah aplikasi selesai, akan muncul pesan "Konversi Selesai". Aplikasi ini akan menyimpan file JPG Anda yang dikonversi di folder yang sama dengan file PDF asli Anda.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading