Gojek Masuk Top 10 Perusahaan Disruptor Dunia versi CNBC

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
10 July 2020 17:28
Dok: Gojek

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau dikenal sebagai Gojek menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam 50 besar disruptor dunia 2020 versi CNBC Internasional. Bahkan Gojek menjadi satu-satunya startup Indonesia yang masuk ke dalam jajaran 10 besar.

50 perusahaan disruptor ini merupakan perusahaan swasta yang memiliki terobosan untuk memenangkan pasar dan persaingan bisnis. Bahkan perusahaan disruptor ini diperkirakan siap menghadapi pandemi Covid-19, karena sebagian besar merupakan perusahaan berbasis teknologi yang sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat.

Mereka dinilai memiliki ide yang mampu untuk mengubah tatanan yang sudah ada, dan kini tengah menarik perhatian dunia termasuk Gojek yang berada di peringkat 10. Gojek merupakan layanan transportasi on demand berbasis teknologi yang didirikan oleh Nadiem Makarim, Kevin Aluwi, dan Andre Soelistyo.


Berdasarkan data PitchBook, Gojek telah mampu meraup pendanaan senilai US$ 6,2 miliar dengan Rp 86,8 triliun (kurs Rp 14.000) dari berbagai investor. PitchBook mencatat investor tersebut yakni Google, Tencent, JD.com, Mitsubishi, dan Visa. Baru-baru ini Facebook dan Paypal pun berinvestasi di Gojek, dan diharapkan bisa meningkatkan layanan keuangan, GoPay.

Gojek juga menjadi unicorn pertama di Indonesia, dan PitchBook memperkirakan kini valuasi perusahaan ini mencapai US$ 12,5 miliar atau Rp 175 triliun. Sebagai perusahaan teknologi Gojek memanfaatkan kecerdasan buatan, komputasi awan, pengenalan wajah, machine learning, dan keamanan berbasis software.

Seiring perkembangannya, Gojek bukan hanya menjadi aplikasi transportasi on demand melainkan juga pengantaran makanan hingga pembayaran melalui GoFood dan GoPay. Bahkan menurut CNBC International, Gojek menjadi pesaing utama dari Grab di Asia Tenggara, apalagi tahun lalu Gojek juga melakukan ekspansi ke Singapura.

Dalam bisnis layanan antar makanan, GoFood dikatakan menjadi platform pengantaran terbesar di Asia Tenggara berdasarkan volume pemesanan. Sementara dari sisi bisnis pembayaran pun GoPay sebagai bagian dari Gojek, disebut sebagai leader dari uang elektronik di Indonesia dan menjadi opsi pertama pada pilihan uang elektronik di Play Store.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading