Gokil! Uang Rp 50 Ribu dijual Rp 25 Juta di Toko Online

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
30 June 2020 11:22
Indonesian rupiah banknotes are counted at a money changer in Jakarta, Indonesia, May 9, 2018. REUTERS/Willy Kurniawan Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Jakarta, CNBC Indonesia - Kegiatan penjualan uang di atas nilai kembali terjadi. Aksi ini terjadi di toko online Tokopedia di mana uang Rp 50 ribu yang beredar dijual Rp 25 juta.

Penjualan uang ini dilakukan oleh penjual dengan nama akun bZq. Menurut pemantauan CNBC Indonesia, Selasa (30/6/2020), pemilik toko online menjual uang Rp 50 ribu ini dengan harga selangit karena nomor seri nYh000000.

UangFoto: Uang kertas Rp 50 Ribu dijual Rp 25 juta (doc. Tokopedia)

Uang Rp 50 ribu ini sendiri diterbitkan pada 2015. Uang ini menggunakan foto Danau Beratan Bedugul, Bali dan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai. Uang ini ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia Agus MartoWardojo dan Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah.


Uang Rp 50 ribu ini juga masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Uang ini belum dicabut dan belum ditarik dari peredaran sehingga tidak termasuk uang langka atau uang kuno.

CNBC Indonesia mencoba meminta tanggapan Bank Indonesia mengenai aksi ini. Namun hingga berita ini diterbitkan belum ada respons dari Direktur Hubungan Masyarakat BI Onny Widjanarko.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading