PlayStation 5 vs Xbox Series X, Siapa Juaranya?

Tech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
21 June 2020 12:00
Playstation 5 dan Xbox

Jakarta, CNBC Indonesia - Sony dan Microsoft melanjutkan persaingan melalui perangkat konsol gim, PlayStation (PS) 5 dan Xbox Series X (XSX). Keduanya memiliki sejumlah perbedaan yang unik, tetapi di saat bersamaan fitur-fitur tampak begitu mirip.

Kedua konsol gim ini akan memiliki beberapa permainan yang sama, seperti Assassin's Creed: Valhalla, Cyberpunk 2077, Resident Evil 8: Village, dan Vampire: The Masquerade: Bloodlines 2. Namun, ada juga sejumlah permainan ekslusif yang tak dimiliki satu sama lain. 

Konon, PS5 bakal punya serangkaian permainan eksklusif yang menarik, seperti Ratchet & Clank: Rift Apart dan Horizon Forbidden West. Konsol ini juga disebut terpisah dari PS4, dan tidak akan memiliki banyak game yang melintasi generasi, seperti dilansir dari The Next Web, Minggu (21/6/2020)


Di sisi lain, XSX tampaknya ditujukan untuk menggunakan game dan fitur untuk memudahkan transisi antar generasi sebanyak mungkin. Fitur Smart Delivery, secara khusus, dirancang untuk memastikan bahwa game dioptimalkan untuk perangkat yang dihidupkannya, dan gamer hanya perlu membeli game yang tersedia di salah satu generasi sekaligus.

Itu juga akan memiliki perangkat lunak yang dirancang untuk membawa game Xbox 360 dan OG ke standar HD sehingga mereka terlihat bagus di XSX. Semua ini, ditambah dengan fakta bahwa Microsoft tidak akan memiliki peluncuran eksklusif. Sebab kebanyakan judul dibuat pada tahun pertama peluncuran konsol, yang juga tersedia di Xbox One.

Adapun spesifikasi perangkat keras PS5 dan XSX secara berdampingan, keduanya tampak relatif sama. Keduanya memiliki 8-core AMD Zen 2 CPU, memori 16GB, resolusi 8K, dan 4K UHD Blu-ray drive. Keduanya juga memiliki prosesor grafis AMD Radeon Navi - meskipun PS5 akan sedikit lebih kuat daripada XSX. Sementara PS5 menyelenggarakan demo teknologi Unreal Engine 5.

XSX memiliki SSD 1 TB yang bagus dan tebal, PS5 memiliki SSD 825 GB. XSX telah mengutamakan kompatibilitas mundur, menggembar-gemborkan fakta bahwa itu akan bekerja dengan semua generasi game Xbox sebelumnya dan hampir setiap game akan dimainkan pada konsol sejak hari pertama.

PlayStation, di sisi lain, telah menyebutkan bahwa ia akan memiliki kompatibilitas ke belakang dengan PS4, tetapi tidak jelas persis berapa banyak - jawaban berbeda, tetapi gagasan yang diterima adalah bahwa beberapa game PS4 yang lebih populer akan ditransfer.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading