Mau Anak Lancar Bahasa Inggris? Download Aplikasi Gratis Ini

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
08 May 2020 14:38
Taman Baca di Lingkungan Padat Penduduk. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC IndonesiaGoogle meluncurkan aplikasi baru di Google Play Store yang akan membantu melatih keterampilan membaca anak sekolah dasar. Nama aplikasinya Read Along By Google.

Aplikasi android ini memiliki kemiripan dengan aplikasi Bolo yang diluncurkan di India tahun lalu. Bolo berisi bacaan cerita dalam bahasa Inggris dan Hindi. Kini aplikasi diperbaharui menjadi 9 bahasa termasuk bahasa Inggris, Spanyol dan Portugis.

Aplikasi ini menggunakan fitur pengenalan suara dan teks-ke-ucapan dan memiliki asisten bawaan untuk membantu membaca bernama Diya. Cara kerjanya, ketika anak membaca teks dengan keras, Diya akan mengindetifikasi masalah anak ketika membaca.


Setelah Diya akan membantu anak membaca teks dengan akurat melalui tantangan-tantangan positif. Anak juga bisa meminta Diya membaca kalimat atau kata yang tidak mereka ketahui, seperti dilansir dari Gizchina, Jumat (8/5/2020).

Kemampuan anak untuk membaca juga akan dikelompokkan dalam level di aplikasi. Ada hadiah dalam aplikasi yang didapatkan ketika anak terus meningkat kemampuan bacanya.

Google mengatakan aplikasi ini dibuat dengan tetap memperhatikan privasi anak dan bisa kerja secara offline tanpa WiFi dan kuota internet. Data suara dianalisis secara real-time di perangkat.

Google mengungkapkan Informasi ini tidak disinkronkan, disimpan, atau dianalisis di server Google. Perusahaan juga menekankan bahwa mereka tidak menggunakan sampel suara anak-anak untuk membuat produk lebih baik.

Hingga saat ini, aplikasi ini menawarkan 500 cerita, namun katalog ini terus menambahkan buku-buku baru.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading