Bill Gates Ungkap Fakta Baru Vaksin Corona, Hidup Normal Lagi

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
01 May 2020 20:08
Bill Gates. (AP Photo/Jose Luis Magana, File)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates memberikan perhatian besar terhadap penyebaran virus corona Covid-19. Menurutnya satu-satunya cara untuk mengalahkan wabah ini adalah vaksin corona.

Menurutnya agar kita ingin hidup kembali normal dibutuhkan vaksin yang kuat dan efektif. Vaksin yang paling tidak 95% efektif untuk menghentikan wabah ini.


"Calon vaksin yang ada saat ini menuju ke sana. Mereka bisa menyelamatkan banyak nyawa, tetapi mereka tidak cukup untuk membuat kita kembali hidup normal," ujar Bill Gates seperti dikutip dari blog resminya, Jumat (1/5/2020).


Untuk kembali ke kehidupan normal, Bill Gates memperkirakan dibutuhkan 7 miliar hingga 14 miliar vaksin corona. Artinya, vaksin ini harus tersedia bagi semua orang di planet ini.

Bill Gates sendiri memprediksi vaksin corona akan ditemukan 18 bulan lagi. Namun ada kemungkinan bisa ditemukan dalam 9 bulan. Masalahnya bagaimana memproduksi vaksin agar tersebut bagi semua orang.

"Hal yang perlu kita lakukan sekarang adalah membangun pabrik vaksin berbeda untuk persiapan. Tiap vaksin membutuhkan pabrik berbeda. Kita harus siap dengan fasilitas yang bisa membuat tiap tipe, sehingga kita bisa memulai pembuatan vaksin final segera saat kita bisa," terangnya.

"Ini membutuhkan dana miliaran dolar. Pemerintah harus dengan cepat menemukan mekanisme untuk membuat pendanaannya tersedia."

Setelah ditemukan, Bill Gates sepakat tahap pertama vaksin diberikan kepada tenaga medis, kemudian vaksin disebar ke negara berpendapatan rendah karena warga di sana berisiko tinggi jika kena COVID-19.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading