Viral Grab Emergency Button, Gimana Cara Aktifkannya?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 February 2020 10:57
Warganet (Netizen) tanah air sedang ramai membicarakan soal kasus penumpang Grab yang selamat berkat tombol emergency button.
Jakarta, CNBC Indonesia - Warga net (Netizen) tanah air sedang ramai membicarakan soal kasus penumpang Grab yang selamat berkat tombol emergency button.

Kasus ini berawal dari seorang driver taksi online membawa penumpangnya berputar-putar dan menjauh dari tempat tujuan yang dipesan. Setelahnya ia menekan emergency button di aplikasi yang membuatnya selamat dari aksi kejahatan.

Lalu apa itu emergency button? Ini adalah fitur tombol darurat yang sudah disediakan sejak Mei 2018. Fitur ini dengan mendaftarkan tiga nomor ponsel yang akan dihubungi ketika penumpang berada dalam kondisi darurat.


Berikut ini cara menggunakan emergency botton, seperti dilansir dari laman Grab:

1. Cantumkan kontak yang akan dihubungi bila ada kondisi darurat.

Untuk melakukan ini tekan Account lalu kemudian pilih Emergency Contact. Selanjutnya masukkan nomor ponsel yang akan dihubungi jika Anda menekan tombol darurat di aplikasi Grab.

2. Aktifkan Emergency Button

Tombol ini akan muncul ketika Anda dalam berada dalam perjalanan. Tombol ini berada di atas aplikasi bernama "Darurat". Setelah Anda menekan tombol ini lanjutkan ke "Beritahu Kontak Darurat".

Dengan menekan tombol tersebut, Grab akan mengirimkan SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan yang berisi pemberitahuan atas nama kamu. SMS ini akan berisi hyperlink ke rincian perjalanan dan posisi penumpang saat itu.

Selain fitur ini, Grab juga memiliki fitur keamanan lainnya. Yakni, Share My Ride, yaitu fitur yang menawarkan kepada penumpang opsi untuk memberi akses bagi keluarga atau orang tercinta melacak lokasi GPS mereka langsung dan status perjalanan. Fitur ini semakin ditingkatkan dengan memberikan perkiraan waktu kedatangan, serta rincian mitra pengemudi.

Fitur berikutnya, Report a Safety Issue/Laporkan Masalah Keselamatan adalah fitur yang memungkinkan penumpang dapat dengan mudah melaporkan masalah keselamatan, misalnya, mengemudi yang tidak aman, kapan saja dalam perjalanan mereka sehingga Grab dapat mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden keselamatan.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading