Waspada Facebook! Desain TikTok Mirip Instagram nih

Tech - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
09 February 2020 08:12
Waspada Facebook! Desain TikTok Mirip Instagram nih
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi media sosial berbasis musik, TikTok dikabarkan tengah mendesain ulang tampilan profil pengguna yang dinilai sangat mirip dengan platform lain milik Facebook, yaitu Instagram.

Mengutip The Verge, desain baru tersebut nantinya dapat menggeser avatar dan mengikuti parameter jumlah ke kiri sambil meletakkan lebih banyak informasi pada bio pengguna akun.

"Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna di TikTok. Kami saat ini sedang menguji desain profil dan fungsionalitas untuk akhirnya memberi pengguna lebih banyak cara untuk mempersonalisasi dan terlibat dengan profil mereka," ujar juru bicara TikTok.

Hingga November, TikTok Sudan mencapai 1,5 miliar unduhan dan merupakan aplikasi non-game ketiga yang paling banyak diunduh pada 2019, mengalahkan Facebook dan Instagram, yang masing-masing berada di tempat keempat dan kelima.



Sementara itu, Facebook juga mencoba aplikasi pengeditan video pendek di Brasil yang disebut Reels. Tidak mau kalah, Reels sendiri meminjam opsi pengeditan layaknya TikTok yang dapat menyesuaikan kecepatan klip dan menambahkan audio dari video lain.

Jika TikTok akhirnya meluncurkan desain profil seperti Instagram untuk semua pelanggannya, itu mungkin akan menambah kompetisi yang semakin intens terutama bila Instagram mengambil keputusan untuk mereplikasi bagian paling produktif dari TikTok juga.

Sebelumnya, CEO Snapchat Evan Spiegel mengatakan bahwa TikTok bisa tumbuh lebih besar dari Instagram karena memiliki konten yang lebih menarik ketimbang aplikasi berbagi foto milik Facebook ini.

"Konten [TikTok] sering kali lebih menarik daripada konten berbasis status," ujar Evan Spiegel ketika berbicara soal Instagram dalam acara Digital Life Design Conference di Munich, seperti dilansir dari CNBC International.

Ketika ditanya apakah TikTok bisa mengalahkan Instagram. Dia mengatakan, "itu mungkin."


Dibandingkan dengan Facebook, Snapchat memiliki lebih banyak kesamaan dengan TikTok. Selama ini Facebook telah berhasil menghambat pertumbuhan Snapchat dengan menyalin fitur-fitur populer lewat Snapchat.

Salah satu keberhasilan Facebook adalah dengan merilis fitur Stories pada 2016 lalu, fitur itu merupakan salah satu fitur populer Snapchat. Fitur Stories berhasil menarik pengguna Snapchat ke Facebook. Fitur Facebook Stories kini punya pengguna harian mencapai 500 juta akun.

Facebook kini berusaha meniru TikTok, dengan peluncuran Lasso pada 2018, aplikasi yang hampir identik dengan TikTok. Namun, TikTok telah menunjukkan beberapa tanda pelambatan.

"Saya suka TikTok," kata Evan Spiegel. "Saya penggemar beratnya."

Foto: Bos Perusahaan Mark Zuckerberg (REUTERS/Stephen Lam)

Pesatnya perkembangan TikTok pun menjadi perhatian bagi CEO Facebook Mark Zuckerberg. Dalam bocoran video tentang rapat internal Facebook pada Juli 2019 lalu, ia meminta para karyawannya untuk 'menjungkalkan' TikTok sebelum aplikasi video pendek ini semakin besar dan kuat.

Dalam pertemuan tersebut, seorang karyawan menanyakan apakah Mark Zuckerberg khawatir dengan pertumbuhan cepat TikTok , terutama di kalangan pengguna berusia muda.

"Iya. Maksud saya, TikTok baik-baik saja," ujar Mark Zuckerberg seperti dikutip dari Business Insider. "TikTok, perusahaan asal Beijing Bytedance, benar-benar produk internet konsumen pertama yang dikembangkan salah satu raksasa teknologi China yang cukup diterima semua orang."

Mark Zuckerberg juga menyoroti aksi TikTok yang diperkirakan sudah menyalip Instagram di India, salah satu pasar utama Facebook Group.


[Gambas:Video CNBC]




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading