Terungkap! Segini Harta Mendikbud Nadiem Makarim dari Gojek

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 January 2020 15:56
Mendikbud Nadiem Makarim melaporkan harta sebesar Rp 1,23 triliun dengan utang Rp 185,36 miliar. Berapa kekayaan Nadiem dari Gojek?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjadi salah satu Menteri Joko Widodo. Total kekayaannya mencapai pada 2019 mencapai Rp 1,23 triliun dengan utang Rp 185,36 miliar.

Total kekayaan Nadiem Makarim terungkap dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara tahun 2019 yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), seperti dilansir CNBC Indonesia, Selasa (28/1/2020).

Berdasarkan laporan tersebut, Nadiem Makarim memiliki tanah dan bangun senilai Rp 38,68 miliar. Nadiem memiliki tanah di Rote Ndao (Nusa Tenggara Timur), tanah di Gianyar (Bali) hingga tanah dan bangunan di Jakarta Selatan.


Nadiem Makarim memiliki kendaraan transportasi senilai Rp 2,08 miliar ini terdiri dari tiga mobil. Yakni, mobil Honda Brio, Toyota Harrier dan Toyota Vellfire.

Nadiem juga melaporkan memiliki surat berharga senilai Rp 1,25 triliun. Surat berharga ini diperkirakan merupakan saham Gojek yang masih dipegang olehnya.

Berdasarkan bocoran firma konsultasi investasi Momentum Works seperti ditulis Deal Street Asia, pendiri dan mantan CEO Gojek ini memegang 4,81% total saham Gojek dengan jumlah 58.416 lembar.

Nadiem mendirikan Gojek pada 2010 silam bersama dengan Kevin Aluwi dan Michaelangelo Moran. Saat ini Gojek telah menyandang status decacorn karena memiliki valuasi US$10 miliar.

Pada Oktober tahun lalu Nadiem Makarim mengumumkan pengunduran dirinya sebagai CEO Gojek untuk menjalankan tugas baru dari Presiden Joko Widodo sebagai Mendikbud.



(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading