Hati-hati Starbucks Cs! Kopi Kenangan Bakal Buka 1.000 Gerai

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 December 2019 17:31
Kopi Kenangan berencana ekspansi ke Asia Tenggara dan membuka sekitar 1.000 gerai dalam dua tahun ke depan.
Jakarta, CNBC Indonesia- Kopi Kenangan berencana ekspansi ke Asia Tenggara dan membuka sekitar 1.000 gerai dalam dua tahun ke depan. Peritel kopi grab and go ini mencatat pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, dan baru-baru ini mendapatkan pendanaan seri A.

"Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja bersama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman, serta teknologi," kata CEO dan Pendiri Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam siaran resminya, Senin (23/12/2019).

Pada 2018, Kopi Kenangan hanya mengelola 16 toko dan menyajikan beberapa ribu gelas kopi per hari. Sekarang, Kopi Kenangan telah memiliki lebih dari 200 gerai secara nasional dan menyajikan lebih dari tiga juta gelas kopi per bulan.



Secara rata-rata, perusahaan membuka lebih dari satu gerai per hari. Perusahaan yang telah mencatatkan keuntungan ini juga menorehkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 20 kali lipat sejak menerima pendanaan seed round yang dipimpin Alpha JWC tahun lalu.

Sementara untuk pendanaan Seri A pada Juni 2019, didapatkan antara lain dari Arrive, salah satu perusahaan di bawah Roc Nation milik rapper Jay Z; Serena Ventures, perusahaan yang didirikan petenis dunia Serena Williams; pebasket ternama Caris LeVert; serta CEO dan Pendiri Sweetgreen Jonathan Neman. Sequoia India, yang memimpin pendanaan Series A senilai US$20 juta pada Juni lalu, juga berpartisipasi dalam penggalangan pendanaan kali ini.

"Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja bersama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman, serta teknologi," kata Edward.


Menurut Nielsen Company, Kopi Kenangan merupakan merek dengan top-of-mind awareness nomor satu untuk kategori Kopi Susu dan merek nomor dua setelah jaringan kopi internasional untuk kategori kopi umum. Kopi Kenangan merupakan salah satu pionir yang memperkenalkan Kopi Susu khas Indonesia versi mereka ke konsumen dalam negeri dengan harga terjangkau. Selain itu, lokasi-lokasi gerainya mudah dicapai oleh konsumen.

"Kami sangat senang dapat mencapai tonggak sejarah penting dalam proses perjalanan kami selama dua tahun ini," ujar salah satu Pendiri dan Chief Marketing Officer CynthiaChareunnisa.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading