Larry Page Mundur, Sundar Pichai Jadi CEO Alphabet

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
04 December 2019 08:47
Larry Page Mundur, Sundar Pichai Jadi CEO Alphabet Foto: Google CEO Sundar Pichai (Reuters/Beck Diefenbach)

Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Alphabet Larry Page mengumumkan mundur dari jabatannya pada Selasa kemarin (3/12/2019). Sundar Pichai, CEO Google saat ini, akan mengambilalih posisi Page.

Alphabet adalah  perusahaan induk Google Inc.

Selain Page, salah satu pendiri perusahaan Sergey Brin juga akan mengundurkan diri sebagai Presiden Alphabet. Posisi presiden perusahaan akan dihilangkan.

"
Dengan Alphabet yang sekarang sudah mapan, dan Google dan Other Bets beroperasi secara efektif sebagai perusahaan independen, ini adalah waktu yang tepat untuk menyederhanakan struktur manajemen kami," tulis Page dan Brin dalam postingan blog.


"
Kami belum pernah memegang peran manajemen ketika kami berpikir ada acara yang lebih baik untuk menjalankan perusahaan. Dan Alphabet dan dan Google tidak lagi membutuhkan dua CEO dan seorang Presiden."

Setelah pengumuman, saham Alphabet naik 0,8% dalam perdagangan after hours di Bursa Nasdaq.


Page menjadi CEO Alphabet pada 2015, ketika Google membentuk perusahaan induk baru untuk mengawasi bisnis Other Bets. Juga bisnis pencarian dan iklan digital utamanya.


Larry Page Mundur, Sundar Pichai Jadi AlphabetFoto: Larry Page CEO Alphabet (perusahaan yang memiliki Google). (REUTERS/Eduardo Munoz)



Sebelum menjadi CEO Alphabet, Page menjabat sebagai CEO Google sebelum posisi itu diserahkan pada Pichai. Pichai sebelumnya memimpin divisi Android dan Chrome di perusahaan.

"
Meski telah mengundurkan diri, Page dan Brin akan tetap aktif terlibat sebagai anggota dewan Alphabet," kata perusahaan dalam suratnya, sebagaimana dilansir Reuters.

Saat ini Page memegang sekitar 5,8% saham Alphabet, Brin memegang 5,6% dan Pichai memegang sekitar 0,1% saham.

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading