Apple Akuisisi Bisnis Modem Ponsel Intel Rp 14 T, Buat Apa?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
26 July 2019 11:25
Apple Inc mengumumkan secara resmi akuisisi bisnis modem smartphone milik Intel. Nilai akuisisinya US$1 miliar atau setara Rp 14 triliun.
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc mengumumkan secara resmi akuisisi bisnis modem smartphone milik Intel. Nilai akuisisinya US$1 miliar atau setara Rp 14 triliun. Akuisisi ini akan dirampungkan kuartal IV-2019.

Dalam rilis resmi perusahaan yang dilansir Reuters dan dikutip CNBC Indonesia, Jumat (26/7/2019) dsebutkan 2.200 karyawan Intel akan bergabung dengan Apple bersama juga dengan paten, peralatan dan sewa.


Akuisisi ini akan membuat Apple memiliki 17.000 paten teknologi nirkabel, mulai dari standar komunikasi seluler hingga modem, yang membuat perusahaan bisa menjadi penantang Huawei Technologies dalam teknologi 5G.


Kesepakatan dengan Intel akan mendukung tujuan Apple untuk membuat chip modem sendiri. Dua dari saingan global terbesar Apple - Samsung Electronics Co Ltd dan Huawei - sudah memiliki kemampuan untuk memasok sendiri modem chip.

Apple Akuisisi Bisnis Modem Ponsel Intel Rp 14 T, Buat Apa?Foto: Infografis/Apple iOS 13 Vs Google Android Q, Mana yang Paling Unggul?/Arie Pratama

Akuisisi ini akan berarti besar bagi Apple untuk bisa memberikan perangkat yang mendukung teknologi 5G. Selama ini Intel memang kesulitan untuk membuat chip 5G untuk ponsel iPhone.

Sumber Reuters mengatakan Apple berencana menggunakan teknologi modem Qualcomm untuk iPhone 5G pada tahun 2020 tetapi ingin memiliki teknologi modem 5G yang dikembangkan secara internal yang siap digunakan pada beberapa produknya pada tahun 2021.


"Ada keinginan kuat (di Apple) untuk memiliki Kemerdekaan, tetapi mereka juga menyadari bahwa itu harus dilakukan secara bertanggung jawab," kata sumber tersebut.

Simak video tentang Apple di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading