Ladies.. Kini Bisa Beli Kosmetik Sambil Nonton YouTube, Loh!

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 June 2019 10:24
Ladies.. Kini Bisa Beli Kosmetik Sambil Nonton YouTube, Loh!
Jakarta, CNBC Indonesia - Platform berbagi video milik Google, YouTube  pada hari Selasa lalu mengumumkan akan mulai menggunakan augmented reality (AR) untuk memungkinkan viewer mencoba riasan saat mereka menonton video.

Dengan AR Beauty Try-On, pemirsa dapat melihat bagaimana warna lipstik terlihat pada bibir mereka pada saat menyaksikan creator favorit mereka mengulas atau menjelaskan cara mengaplikasikannya. Mereka kemudian dapat mengklik untuk membeli produk.


MAC Cosmetics, merupakan perusahaan pertama yang meluncurkan kampanye yang bermitra dengan platform konten bermerek Google in-house FameBit.


"YouTube memiliki komunitas blogger dan pemirsa yang besar, jadi pasti ini akan membantu perusahaan meningkatkan penjualan dan keterlibatan mereka," kata Eleftheria Kouri, analis AR pada penasihat teknologi ABI Research, seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (21/6/2019).

Kouri menambahkan bahwa keingintahuan konsumen dengan AR sebagai teknologi baru di mana mereka bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencoba produk tersebut dengan bimbingan YouTuber yang mereka percayai, dan akan lebih mungkin membeli produk tersebut.

Dalam pengujian, 30% pengguna memilih untuk mencoba pengalaman AR dan menghabiskan rata-rata lebih dari 80 detik untuk mencoba lipstik, kata YouTube dalam sebuah pernyataan.


Dengan langkah ini, YouTube bergabung dengan sejumlah perusahaan e-commerce dan make-up yang telah menggunakan AR untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.


Amazon, misalnya, mengumumkan bahwa awal bulan ini mereka akan bermitra dengan L'Oréal untuk memungkinkan pembeli di ponsel mencoba riasan wajah sebelum membeli.  Tahun lalu, L'Oreal mengakuisisi ModiFace, perusahaan AR terkemuka di industri kosmetik.  

Sebelumnya, pada bulan November, Ultra Beauty mengakuisisi startup AR QM Scientific dan GlamST.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading