Cara Hapus Akun Google Secara Otomatis Setelah Anda Mati

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
29 May 2019 17:38
Ternyata akun Gmail, Maps hingga data yang dimiliki Google bisa dihapus secara otomatis. Begini tipsnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Anda pengguna layanan Google seperti Gmail, Maps, dan Search? Jika ya, maka perlu di ingat bahwa Google menyimpan banyak informasi pribadi Anda pada cloud server miliknya.

Pastinya Anda ingin mengamankan informasi tersebut. Namun bagaimana cara kita menghapus informasi itu jika kita tidak bisa mengakses Google karena hal-hal yang tidak diduga seperti sakit kritis atau kematian?

Tenang saja, Anda dapat mengaturnya dengan beberapa opsi, termasuk memberikan kontrol kepada pasangan, atau menghapus semuanya secara otomatis jika akun Anda tidak aktif untuk jangka waktu tertentu.


Berikut cara mengatur Google atas apa yang harus dilakukan secara otomatis dengan semua informasi pribadi Anda jika Anda berhenti menggunakan produk Google untuk waktu yang telah ditentukan sebelumnya:


1. Buka myaccount.google.com.
2. Ketuk "Data & personalisasi."
3. Gulir ke bawah dan pilih "Buat rencana untuk akun Anda."
4. Klik "Mulai."
5. Google akan membiarkan Anda mulai mengkonfigurasi apa yang harus dilakukan jika Anda berhenti menggunakan layanannya.


Lalu lakukan ini:

1. Pilih durasi Google harus menunggu setelah menyadari bahwa Anda benar-benar tidak aktif. Defaultnya adalah tiga bulan tidak aktif, tetapi Anda dapat mengaturnya hingga 18 bulan. Google mengatakan akan menjangkau 1 bulan sebelum waktunya habis dengan email dan pesan teks sebelum akun Anda menjadi tidak aktif secara resmi.

2. Isi nomor telepon kontak Anda di mana Google akan mencoba menghubungi Anda melalui pesan teks sebelum menghapus apa pun.

3. Klik selanjutnya.


Selanjutnya, Anda akan dapat mengatur siapa yang bisa mendapatkan akses ke informasi Anda, atau mengelola akun Anda, dan apa yang akan dilihat publik setelah Anda pindah dari layanan Google, atau meninggal dunia.

1. Masukkan hingga 10 kontak yang akan dihubungi Google setelah pemberitahuan bahwa Anda tidak aktif. Anda juga akan memilih data apa yang dapat dibagikan dengan mereka, termasuk segala sesuatu dari kontak Anda ke riwayat Google Chrome, Gmail, Foto Google dan banyak lagi.

Mereka akan dapat mengakses semua data ini selama 3 bulan setelah akun Anda menjadi tidak aktif. Saya sarankan memilih pasangan atau teman dekat, karena mereka akan dapat melihat semuanya.

2. Buat balasan otomatis yang secara otomatis akan dikirim dari akun Gmail Anda setelah tidak aktif. Di sinilah Anda mungkin menaruh pesan bahwa Anda tidak lagi menggunakan Gmail, atau bahwa Anda telah meninggal dunia. (Anda dapat memilih untuk hanya mengirim pesan ini ke kontak Anda, sehingga akun spam tidak mendapatkan respons Anda.)

3. Tekan Selanjutnya.

4
. Terakhir, Anda akan memilih apakah Anda ingin akun Anda dihapus secara otomatis setelah tidak aktif dan setelah kontak memiliki waktu tiga bulan untuk mengakses dan memulihkan apa pun yang mungkin ingin mereka simpan. Situs Google mengatakan ini termasuk informasi yang dibagikan secara publik, seperti video YouTube.

5. Klik "Tinjau Rencana."

6
. Ketuk "Konfirmasikan paket."


Sekarang Anda telah secara resmi mengatur akun Google Anda untuk secara otomatis mengambil tindakan jika Anda meninggal atau berhenti menggunakannya.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading