Lebaran Sebentar Lagi, Ingat Zakat Fitrah! Baca Niat Ya...

Syariah - Maikel Jefriando, CNBC Indonesia
03 May 2021 09:15
BAYAR ZAKAT

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Sebagai umat muslim ada kewajiban yang harus dituntaskan, yaitu membayar zakat fitrah sebagai wujud untuk menyucikan diri dan membersihkan perbuatan manusia.

Seperti yang ditulis detikcom, Senin (3/5/2021) hukum zakat fitrah adalah wajib. Penerimanya yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fi sabililah dan ibnu sabil.

Rasulullah SAW telah memerintahkan zakat fitrah sebelum diturunkannya kewajiban zakat. Ketika diturunkan kewajiban zakat, rasul tidak menyuruh dan tidak melarang akan tetapi melakukan hal tersebut.


Adapun hikmahnya adalah menjadi pembersih dari perbuatan dosa yang dilakukan atau membersihkan kotoran berpuasanya, atau menambal segala yang kurang. Di samping itu juga menumbuhkan rasa kecintaan dan ikut berbagi rezeki kepada orang yang membutuhkan.

Pemberian zakat fitrah bisa secara langsung atau melalui penyalur. Besaran Zakat Fitrah adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Berikut niat zakat fitrah:

1. Niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri

Nawaitu an ukhrija zakaatal fitri 'an nafsii fadhan lillahi ta'aala

Artinya: "Saya niat mengeluarkan zakat fitrah dari diriku sendiri fardu karena Allah Ta'ala"

2. Niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga

Nawaitu an ukhrija zakaatal fitri 'annii wa 'an jami'i maa tilzamunii nafaqoo tuhum syar'an fardhan lillahi ta'aala

Artinya: "Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta'ala".


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading