Newsdata

Perhatian! 5 Daerah Ini Bakal Ramai Kedatangan Pemudik

Research - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
30 March 2023 11:35
People wait for buses at Kampung Rambutan bus terminal, as Indonesian Muslims travel home to celebrate Eid al-Fitr, known locally as 'Mudik', in Jakarta, Indonesia, April 29, 2022. REUTERS/Willy Kurniawan     TPX IMAGES OF THE DAY Foto: REUTERS/WILLY KURNIAWAN

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah memutuskan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri tahun ini menjadi 7 hari yakni sejak 19-25 April 2023. Keputusan ini sesuai dengan hasil Rapat Tebatas di Istana Negara pada Jumat (24/3/2023).

Ketetapan ini tertuang dalam surat ketetapan bersama (SKB) yang diteken kemarin, Rabu (29/3/2023). KBini diteken oleh Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Menteri PAN-RB selepas rapat tingkat menteri di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Perubahan ini dilakukan guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil cuti lebih awal sehingga dapat menghindari penumpukan massa saat puncak mudik Idul Fitri 2023 yang jatuh pada 21 April 2023.

Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat masa lebaran 2023 yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pergerakan masyarakat diprediksi mencapai 123,8 juta orang. Angka ini naik 14,2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei, asal pergerakan masyarakat diprediksi didominasi dari Pulau Jawa, yaitu sebesar 62,5% atau 77,3 juta orang. Sementara setidaknya ada 5 daerah tujuan perjalanan mudik masyarakat berikut rinciannya.

Dengan data ini , melihat potensi pergerakan masyarakat yang begitu tinggi pada masa mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan terkait akan menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

Baik berupa penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, manajemen rekayasa lalu lintas, dan kebijakan lainnya agar penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

(aum/aum)

[Gambas:Video CNBC]