Newsdata

Simak! Negara Asia Tenggara Dengan Upah Tertinggi, RI Berapa?

Research - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
20 December 2022 13:15
Gaji Profesi IT Foto: Ilustrasi IT (CNBC Indonesia/ Edward Ricardo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gaji atau upah tinggi merupakan impian bagi kebanyakan orang. Beberapa negara yang menawarkan gaji tinggi juga dapat menjadi referensi dalam bekerja.

Berdasarkan data Wage Centredari deretan negara di Asia Tenggara, Singapura menjadi salah satu negara dengan gaji rata-rata tertinggi pada 2022. Jumlahnya bisa mencapai US$ 4.480 atau sekitar Rp 70 juta setiap bulannya. Lalu, dimana saja negara tersebut?

Berikut adalah 11 negara dengan besaran gaji rata-rata penduduk tertinggi di Asia Tenggara.

Dari keseluruhan negara ASEAN, Singapura termasuk negara dengan gaji tertinggi, yakni mencapai US$ 4.585 atau sekitar Rp 71.52 juta (Kurs Rp 15.600) per bulan pada 2022.

Walaupun dikenal sebagai negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 5,9 juta jiwa dan luas wilayah 721,5 kmĀ², tetapi Singapura bisa membuktikan statusnya sebagai negara maju.

Posisinya diikuti oleh Brunei Darussalam dengan rata-rata gaji sebesar US$ 3.550 per bulan atau sekitar Rp 55,38 juta. Lalu, rata-rata gaji di Malaysia mencapai US$ 600 per bulan atau sekitar Rp 9,3 juta. Setelahnya ada Indonesia dengan rata-rata gaji sebesar US$ 595 per bulan atau jika dirupiahkan berada di Rp 9,2 juta.

Kemudian, rata-rata gaji per bulan di Filipina dan Thailand masing-masing sebesar US$535 dan US$435. Di Vietnam dan Kamboja, rata-rata gaji per bulannya sama-sama sebesar US$275 per bulan.

Lalu, rata-rata gaji yang diperoleh masyarakat di Laos sebesar US$195 per bulan. Penduduk Timor Leste rata-rata menerima gaji sebesar US$175 per bulan. Sedangkan, Myanmar memiliki rata-rata gaji paling rendah di kawasan, yakni US$155 per bulan.

Sebagai catatan, perhitungan rata-rata gaji yang dilakukan Wage Centre tak hanya berasal dari pemerintah atau lembaga statistik resmi negara setempat. Mereka juga memasukkan perhitungan dari agen perekrutan internasional.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Impor Indonesia Melonjak, China Tetap Number One!


(aum/aum)
Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading