Newsdata

Simak! Segini Total Letusan Gunung Berapi di Indonesia

Research - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
07 December 2022 12:25
Smoke rises from Mount Semeru in Lumajang on December 5, 2022. - Indonesia's Mount Semeru erupted on December 4 spewing hot ash clouds a mile high and rivers of lava down its side while sparking the evacuation of nearly 2,000 people exactly one year after its last major eruption killed dozens. (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP) (Photo by JUNI KRISWANTO/AFP via Getty Images) Foto: AFP via Getty Images/JUNI KRISWANTO

Jakarta, CNBC Indonesia - Berdasarkan Data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui kanal Magma Indonesia melaporkan, terdapat 254 letusan sepanjang tahun 2022.

Data yang disajikan merupakan letusan yang terjadi sejak 1 Januari hingga artikel ditulis pada 7 Desember 2022. Gunung mana saja yang mengalami letusan pada periode tersebut? Simak datanya.

Gunung Anak Krakatau yang berada di Lampung masih memimpin jumlah letusan gunung api terbanyak. Tercatat ada sebanyak 88 letusan atau mencapai 34,78% dari total letusan gunung api di tanah air sepanjang tahun ini.

Posisi kedua ada Gunung Ibu di Maluku Utara tercatat memiliki 81 letusan gunung. Kemudian, Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur memiliki 41 letusan gunung sepanjang tahun ini.

Lalu, Gunung Semeru dilaporkan memiliki total 36 letusan gunung. Teranyar, gunung yang terletak di Jawa Timur ini mengalami peningkatan aktivitas erupsi sepanjang hari sejak Minggu (4/12/2022), sehingga membuat gunung tersebut naik status dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas).

Ada pula Gunung Kerinci di Sumatera Barat yang mengalami 5 letusan sepanjang tahun ini. Diikuti Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Gunung Raung di Jawa Timur yang tercatat masing-masing memiliki 2 letusan dan 1 letusan.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(aum/aum)

[Gambas:Video CNBC]