Jokowi Soal Covid-19 di 2020: WHO Bingung, Kita Juga Bingung!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
26 January 2023 09:37
Presiden Jokowi dalam acara Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023, Kamis (26/1/2023). (Tangkapan layar Youtube Setpres RI) Foto: Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023 di Gedung AA Maramis, kantor pusat Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/1/2023). (Tangkapan layar Youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023 di Gedung AA Maramis, kantor pusat Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/1/2023). Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah pusat sampai daerah yang telah bekerja keras selama tiga tahun menangani pandemi Covid-19 maupun memulihkan ekonomi.



"Sebuah tantangan yang sangat berat, sebuah persoalan berat yang kita hadapi saat itu," ujarnya.

Menurut Jokowi, tidak ada standar maupun pakem dalam penanganan Covid-19 pada mulanya di 2020. Sebab, belum ada yang memiliki pengalaman dalam menangani permasalahan itu.

"Kita ingat awal-awal dari WHO disampaikan, saya bertanya pada mereka, presiden nggak usah pakai masker, yang pakai masker hanya yang batuk-batuk saja, yang kena saja," kata Jokowi menceritakan diskusinya dengan WHO.

"Tidak sampai seminggu, semua pakai masker. Mereka bingung, kita juga bingung," lanjut kepala negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Ungkap Lagi Kisah Pilu RI Kala Diterjang Pandemi


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading