Kronologi Sodetan Kali Ciliwung yang Bikin Netizen Heboh

News - Martyasari Rizky, CNBC Indonesia
25 January 2023 17:35
Jokowi meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung, Selasa (24/1/2023). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana) Foto: Jokowi meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung, Selasa (24/1/2023). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para netizen ramai-ramai 'menyerbu' postingan lawas Kementerian PUPR tentang proyek Sodetan Kali Ciliwung. Mereka beradu komentar menanyakan benarkah proyek Sodetan Kali Ciliwung mangkrak selama 6 tahun?

Postingan tersebut diupload Kementerian PUPR pada 4 Agustus 2021. Yang menarik, ada foto Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada salah satu postingannya. Lantas mengapa ini terjadi?

Hal ini tidak lain karena ungkapan Presiden Joko Widodo yang mengatakan proyek ini mangkrak 6 tahun. Disusul kemudian pernyataan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Puncaknya ada pujian Jokowi ke Heru karena berhasil melanjutkan proyek ini. Berikut ini kronologinya seperti dikutip, Rabu (25/1/2023).

1. Jokowi Turun Langsung ke Proyek Sodetan Kali Ciliwung

Presiden Jokowi langsung meninjau sodetan kali Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta pada Senin (24/1/2023) pagi. Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

2. Jokowi Ungkap Proyek Mangkrak dan Ditargetkan Selesai 2023

Jokowi mengungkapkan proyek Sodetan Kali Ciliwung mangkrak selama 6 tahun. Dia juga bilang proyek tersebut bisa selesai pada tahun ini juga.

"Sebentar lagi selesai mungkin April (2023) Insyaallah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti selama 6 tahun," ungkap Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pembangunan sodetan Ciliwung untuk mengurangi resiko banjir di DKI Jakarta. (Twitter @KemenPU)Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pembangunan sodetan Ciliwung untuk mengurangi resiko banjir di DKI Jakarta. (Twitter @KemenPU)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pembangunan sodetan Ciliwung untuk mengurangi resiko banjir di DKI Jakarta. (Twitter @KemenPU)

3. Jokowi Puji Heru Berhasil Lanjutkan Proyek

Jokowi pun tidak ragu memuji Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang bisa membebaskan lahan dengan cepat dan melanjutkan proyek ini.

"Pembebasan lahan, tadi saya sampaikan dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru. Saya gak tau pendekatannya seperti apa tapi selesai. Makanya saya ke sini tadi karena sudah selesai," sebut Jokowi.

4. Heru Budi Beberkan Alasan Proyek Mangkrak

Kepada Jokowi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan alasan terhambatnya pembangunan proyek disebabkan masalah pembebasan lahan.

Dari pembebasan lahan yang dilakukan setidaknya ada 59 kepala keluarga yang terdampak. Nantinya mereka akan ditempatkan pada rumah susun yang sudah tersedia.

"Salah satunya, karena kalau dari sini difungsikan inlet sampai outlet airnya cukup deras dan besar, sehingga kalau tidak bisa dilebarkan disini ya tentunya menghambat juga kan? mungkin juga beban kali yang ada eksisting gak menampung untuk sodetan tadi," kata Heru.

5. Menteri PUPR Ungkap Proyek Ini Mangkrak 6 Tahun dan Puji Heru

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, penanganan banjir di DKI Jakarta harus dilakukan dengan konsisten. Namun setelah ada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono program ini kembali dilanjutkan.

"Yang masalahnya tadi Pak Presiden bilang 6 tahun gak diapa-apain, normalisasi gak diapa-apain, sodetan gak diapa-apain. Nah sekarang Alhamdulillah ada Pak Heru ini mulai dikerjakan lagi," sebut Basuki.

6. Netizen pun Heboh, Benarkah Proyek Ini Mangkrak 6 Tahun?

Warganet (netizen) ramai membicarakan soal proyek Sodetan Kali Ciliwung. Kali ini, mereka menyerbu postingan lama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) lewat media sosial Twitter.

Postingan tersebut diupload pada 4 Agustus 2021. Yang menarik, ada foto Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada salah satu postingan tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh pemilik akun twitter @dunia_sejahtera. Dia mempertanyakan apakah proyek tersebut beneran mangkrak selama 6 tahun, seperti yang diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Wkwkwk hr ini kata mentri PUPR selama 6 th gub sblmnya
@aniesbaswedan ga ngapa2in ya min..? Yg bener mana min?," katanya.

Lalu, ada lagi pemilik akun @PengawaLapangan yaitu Iapaepa yang mengatakan hal yang sama.

"Min, biar gak digiring ke politik. Mesti ada penjelasan mengapa baru tahun 2021 dilaniutkan. Tahun 2016 - 2020 gimana?" tulisnya.

Ada lagi Cah nDeso @detees76 yang mengatakan hal serupa.

"Yang bener gimana min? Katanya 6 taun mangkrak gak diapa-apain?," sebutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Beri Arahan Khusus Untuk Pj Gubernur DKI, Apa Isinya?


(wur/wur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading