Foto Internasional

Direstui Jerman, Potret Tank 'Maut' Leopard 2 untuk Ukraina

News - AP/Moritz Frankenberg, CNBC Indonesia
25 January 2023 21:30
Jerman dilaporkan siap mengizinkan pengiriman tank Leopard 2 ke Ukraina untuk membantu negeri itu menghalau serangan Rusia.

Kanselir Jerman Olaf Scholz berbicara kepada tentara di depan tank tempur utama Leopard 2 setelah pelatihan Angkatan Darat dan latihan instruksi di Ostenholz, Jerman. Negara itu akhirnya akan merestui pengiriman senjata mematikannya tersebut ke Ukraina. (AP/Moritz Frankenberg)

Keputusan ini keluar setelah adanya tekanan selama beberapa minggu agar Berlin mau membantu Ukraina dengan kiriman senjata berat untuk memukul mundur pasukan Rusia. (AP/Moritz Frankenberg)

"Berlin juga memberikan izin kepada negara lain, seperti Polandia dan Finlandia, untuk mengekspor kembali tank buatan Jerman itu ke Ukraina," kata seorang sumber di lingkungan pemerintah. (AP/Moritz Frankenberg)

Polandia sebelumnya juga sudah meminta izin secara formal kepada Berlin untuk mengirim tank tempur Leopard 2 ke Ukraina. Negara yang membeli senjata militer dari Jerman umumnya perlu mendapat izin dari Berlin sebelum mengirim senjata ke negara lain. (AP/Moritz Frankenberg)

Scholz sebelumnya mendapat tekanan yang semakin meningkat dari banyak pihak, mulai dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, sekutu NATO hingga timnya sendiri di koalisi pemerintahan. Zelenskyy bahkan pernah mengatakan bahwa penarikan pasukan Berlin "membunuh orang Ukraina". (AP/Moritz Frankenberg)

Jerman selama ini memang tidak mengirim tank karena khawatir bakal memicu amarah Rusia. Namun kini Jerman dilaporkan siap mengizinkan pengiriman tank Leopard 2 setelah Amerika Serikat (AS) memastikan mereka sedang finalisasi rencana pengerahan tank M1 Abrams ke Ukraina. (AFP/WOJTEK RADWANSKI)

Rusia, dalam pernyataan terbaru, mengancam Jerman agar tak mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina. ‚Ä®Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pengiriman kendaraan tempur itu hanya akan meninggalkan "jejak yang tak bisa dihapuskan" dalam hubungan Rusia-Jerman. (Getty Images/Sean Gallup)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading