Terbaru! Ini Bocoran Jadwal Seleksi CASN 2023

News - Anisa Sopiah, CNBC Indonesia
25 January 2023 15:11
Alex Denni, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB (Tangkapan layar) Foto: Alex Denni, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB (Tangkapan layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada pertengahan tahun ini.

Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni mengatakan seleksi CASN akan dibuka tengah tahun, dimana pemerintah mengusahakan lebih cepat dari jadwal tahun lalu.

"Oh tengah tahun. Kita pengen lebih cepat dari tahun lalu. Tahun lalu kan telat nih. 2022 kegeser ke 2023 eksekusinya sebagian," terangnya ditemui di The Westin Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Tahun ini, pemerintah akan melakukan seleksi CASN untuk mencari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dimana pemerintah memprioritaskan formasi tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga yang berkaitan dengan digital.

"Kita prinsipnya memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas," lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait jumlah dan tahap usulan formasi CASN 2023 sedang dalam pembahasan. Pasalnya, KemenPANRB masih menunggu penetapan dari Kemendikbud dan Kemenkes.

"Belum, kalau guru dan nakes secara nasional ditetapkan oleh Kemendikbud dan Kemenkes. Nanti tetap yang mengusulkan pemda, yang punya anggaran kan pemda," jelasnya.

"Proses ini jalan, besok kita sepakati timeline 2023. Jadi setelah besok baru kita punya timeline 2023," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapan Pendaftaran CPNS 2022 Dibuka? Ini Jadwal Lengkapnya!


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading