FOTO

Ini Potret 'Lautan Kades' yang Demo Bikin Macet Jakarta

News - CNBC Indonesia/Muhammad Sabki, CNBC Indonesia
25 January 2023 13:21
Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Rabu, (25/1/2023).

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Rabu, (25/1/2023). Mereka menyuarakan penolakan atas rekomendasi kepala desa. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Gatot Subroto depan gedung MPR/DPR RI, Jakarta Pusat, pagi ini imbas demo massa. Polisi menyebut massa demo pagi ini adalah para perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan massa dari PPDI sudah berdatangan sejak pukul 06.00 WIB tadi. "Demo dari PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia). Sudah datang dari jam 06.00 WIB," kata Latif saat dihubungi detikcom, Rabu (25/1/2023) (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Bukan hanya lalu lintas jalan Gatot Subroto, namun kepadatan kendaraan juga terlihat di kawasan GBK atau Jalan Sudirman arah Bundaran Senayan. Kepadatan juga terjadi di arah sebaliknya terpantau pukul 09.30 WIB. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Sebanyak 1.713 personel Polda Metro Jaya dikerahkan untuk mengamankan jalannya demo tersebut. Mendapat payung hukum yang jelas terkait status kepegawaian mereka. Selain itu, mereka menuntut penerbitan nomor induk perangkat desa (NIPD). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Dalam demonstrasi di depan gedung Gedung DPR/MPR itu, massa PPDI membawa berbagai atribut poster dan sepanduk terkait dengan tuntutan mereka. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Dalam aksi ini, para perangkat desa menuntut mengenai status kepegawaian perangkat desa yang selama ini tidak ada kejelasan. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Selain itu, mereka juga menuntut agar adanya peningkatkan kesejahteraan bagi para pegawai perangkat desa dan masa jabatan perangkat desa hingga sampai enam puluh tahun. Meminta kepada Presiden untuk memberikan penghasilan tetap kaji ke 13 dan 14. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading