FOTO

Harta Karun Bertebaran di Laut RI, Nilainya Ratusan Triliun

News - CNBC Indonesia/Wiji Nur Hayat, CNBC Indonesia
23 January 2023 17:40
Sebanyak 464 titik harta karun bawah laut tersebar di sebagian besar perairan di Indonesia.

Laut Indonesia memiliki harta karun yang melimpah sisa kapal tenggelam zaman dahulu. Harta karun yang diangkat jenisnya cukup beragam. (CNBC Indonesia/Wiji Nurhayat)

Yang paling banyak diangkat adalah piring, mangkok, guci, keramik, hingga emas. (CNBC Indonesia/Wiji Nurhayat)

Menurut catatan CNBC Indonesia dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), setidaknya ada 464 titik harta karun bawah laut yang tersebar di sebagian besar perairan di Indonesia. (CNBC Indonesia/Wiji Nurhayat)

Dari jumlah itu, baru ada 11 kali pengangkatan harta karun bawah laut. (CNBC Indonesia/Wiji Nurhayat)

Asosiasi Perusahaan Pengangkatan dan Pemanfaatan BMKT Indonesia (APPP BMKTI) pun pernah mendata, potensi kekayaan harta karun di bawah laut Indonesia sangat besar. (CNBC Indonesia/Wiji Nurhayat)

Nilainya mencapai US$ 12,7 miliar atau sekitar Rp 190 triliun (kurs Rp15.000). (CNBC Indonesia/Wiji Nurhayat)

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) merilis aturan untuk pengelolaan 'harta karun' bawah laut berupa muatan kapal tenggelam. Dalam aturan itu, pengelolaan Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) perlu dioptimalkan untuk mendukung pembangunan nasional. (CNBC Indonesia/Wiji Nur Hayat)

Hal ini tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Benda Muatan Kapal Tenggelam, yang ditetapkan sejak 19 Januari 2023. (CNBC Indonesia/Wiji Nur Hayat)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading