Foto Internasional

Ada Penampakan 'UFO' di Langit Turki, Bikin Pilot Waswas

News - Getty Images, CNBC Indonesia
20 January 2023 06:40
Sebuah fenomena alam kembali terjadi, kali ini sebuah awan mirip UFO muncul di langit sejumlah wilayah Turki pada (19/1/2023).

Sebuah fenomena alam kembali terjadi, kali ini sebuah awan mirip UFO muncul di langit sejumlah wilayah Turki pada (19/1/2023). Fenomena awan tersebut dapat di saksikan langsung dengan mata tanpa perantara. (Photo by Mustafa Bikec/Anadolu Agency via Getty Images)

Fenomena awan itu disebut dengan awan lenticular. Awan lenticularis merupakan fenomena atmosfer biasa yang sering muncul di atas gunung atau perbukitan namun kali ini muncul di tengah kota Turki. (Sinan Balcikoca/Anadolu Agency via Getty Images)

Sesuai namanya, awan menyerupai seperti lensa dan terbentuk di bawah serangkaian keadaan yang sangat khusus. Awan lenticular biasanya terbentuk di atas pegunungan. Ketika angin kencang menghantam gunung, awan ini dipaksa naik oleh medan gravitasi. (Sinan Balcikoca/Anadolu Agency via Getty Images)

Pada awan itu udara mendingin dan menciptakan awan yang menutupi punggung bukit. Awan lenticular ini memang terlihat indah terlihat sangat damai tetapi bagi pilot, itu membuat angin kencang dan turbulensi. Pilot akan sangat menghindari awan ini jika terbang dekat area pegunungan atau perbukitan. (Sinan Balcikoca/Anadolu Agency via Getty Images)

Fenomena awan lenticular untuk beberapa orang dianggap hal yang luar biasa namun untuk para ahli fenomena ini adalah hal biasa dan sudah wajar, apalagi di dunia penerbangan. (Photo by Halit Mirahmetoglu/Anadolu Agency via Getty Images)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading