Foto Internasional

Jangan Kaget! Tetangga RI Terjun 'Halau' Rusia di Ukraina

News - Getty Images, AP, CNBC Indonesia
19 January 2023 21:39
Sebanyak 15 penjinak ranjau Ukraina dilatih para pakar ranjau di Kamboja untuk antisipasi ranjau darat yang disebar Tentara Rusia.

Tetangga RI "turun gunung" menghalau serangan Rusia di Ukraina. Namun tak langsung datang ke lokasi perang. Kamboja, melatih para penjinak ranjau Ukraina di desa Preytotoeung, provinsi Battambang, Kamis, (19/1/2023). Sebanyak lima belas penjinak ranjau Ukraina dilatih Kamboja. Dalam foto, mereka menyaksikan ledakan bom yang terkendali di sebuah ladang ranjau. (AP Photo/Heng Sinith)

Seorang penjinak ranjau Kamboja mengajar penjinak ranjau Ukraina sebelum pergi ke ladang ranjau selama sesi pelatihan teknis tentang teknologi penjinak ranjau. Kamboja merupakan salah satu yang terbaik di dunia karena berpengalaman membersihkan ranjau dalam perang selama hampir tiga dekade. (TANG CHHIN SOTHY/AFP via Getty Images)

Para penjinak ranjau Ukraina, berbaju putih, melihat sebuah ranjau di dalam tanah. Pelatihan ini ditujukan untuk tentara Ukraina agar mahir dalam pembersihan ranjau menggunakan berbagai teknologi. (TANG CHHIN SOTHY/AFP via Getty Images)

Dilansir Associated Press, para penjinak ranjau Ukraina itu diterima oleh Pusat Tindakan Ranjau Kamboja dan memulai pelatihan sejak Senin (16/1/2023). (AP Photo/Heng Sinith)

Direktur Jendral Pusat Tindakan Ranjau Kamboja Heng Ratana mengatakan para penjinak ranjau Ukraina itu akan dilatih di Institut Teknik Tindakan Ranjau di Provinsi Kampung Chhnang. Pelatihan ini akan berfokus pada pembersihan ranjau darat menggunakan berbagai tegnologi, termasujk alat deteksi buatan Jepang yang disebut Advanced Landmine Imaging System. (TANG CHHIN SOTHY/AFP via Getty Images)

Diyakini pasukan Rusia telah menebar ranjau di daratan Ukraina sejak terjadinya invasi pada Februari 2022 lalu. Ranjau darat itu dikhawatirkan mengenai warga sipil yang tidak mengetahui adanya ranjau disekitar itu, terutama anak-anak. (AP Photo/Heng Sinith)

Kamboja sendiri ,diketahui sempat jadi tempat ditebarkannya jutaan ranjau aktif, kala perang terjadi puluhan tahun lalu. Penjinak ranjau Kamboja sendiri kemudian menjadi salah satu pakar terbaik di bidang pembersihan ranjau di dunia. Bahkan para ahli penjinak ranjau kamboja pernah dikirim ke Afrika dan Timur Tengah untuk menjinakan Ranjau. (TANG CHHIN SOTHY/AFP via Getty Images)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading