Jokowi: Hati-hati Masalah Stunting!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
17 January 2023 09:26
Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia Tahun 2023, SICC Sentul, Kabupaten Bogor, 17 Januari 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia Tahun 2023, SICC Sentul, Kabupaten Bogor, 17 Januari 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bogor, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah hingga petinggi TNI/Polri di level daerah mencermati perihal masalah stunting.

Peringatan itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia di Sentul City, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

"Berkaitan dengan stunting, hati-hati masalah ini," kata Jokowi.

Menurut kepala negara, saat ini Indonesia sedang berasa dalam fase bonus demografi. Puncaknya akan terjadi di 2030-2035.

"Kalau SDM kita tidak berada pada posisi yang ininya baik, sehingga memiliki produktivitas baik, hati-hati. Bukan keuntungan yang kita dapat, tapi akan memberi beban besar pada negara sehingga stunting harus menjadi target penyelesaian pengembangan sumber daya manusia," ujar Jokowi.

Per 2014, lanjut eks gubernur DKI Jakarta itu, level stunting berada di 37%. Kemudian pada tahun 2021 turun ke level 24%.

"Saya kira di 2022 ini berada di angka 21%. Kira-kira turun, memang drastis, tapi target kita di tahun 2024 harus berada di bawah 14%," kata Jokowi.

"Bukan hal mudah tapi sekali lagi kalau kerja keras kita seperti mengatasi pandemi, saya kira ini bukan susah diselesaikan. Datanya ada," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Ingatkan Kepala Daerah: Hati-hati di Situasi Sekarang!


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading