FOTO

Laris Manis! Potret Buah 'Keberuntungan' Diburu Jelang Imlek

News - CNBC Indonesia/Tri Susilo, CNBC Indonesia
16 January 2023 17:00
Permintaan jeruk kimkit meningkat jelang perayaan Imlek karena dipercaya membawa keberuntungan.

Pekerja merapikan pohon jeruk Imlek (kimkit) yang dijual di kavling DKI Jakarta, kawasan Meruya, Jakarta, Senin (16/1/2023). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Permintaan jeruk kimkit meningkat jelang perayaan Imlek karena dipercaya membawa keberuntungan. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Kemeriahan Tahun Baru Imlek telah terlihat setidaknya sejak dua minggu terakhir. Warga yang merayakan di Jakarta dan sekitarnya sudah bersiap-siap menyambut Imlek dengan berburu pernak pernik Imlek salah satunya jeruk kimkit. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Dan pastinya, perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini terlihat lebih menggeliat setelah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dicabut. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

"Tahun ini Imlek lebih berbeda termasuk PPKM sudah dicabut oleh pemerintah jadi benar-benar beda saja kita merayakannya," ujar salah satu warga keturunan Tionghoa, Lie (38) (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Bagi masyarakat keturunan Tionghoa, jeruk ini menyimpan filosofi mendalam dan dianggap membawa keberuntungan. "Pohon jeruk dengan daun rimbun dan buah yang lebat berukuran kecil ini, memang banyak menghiasi rumah keluarga kita (Lie) yang merayakan Tahun Baru China alias Imlek," tambahnya.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Smartphone milik Lie menggambarkan rangkaian hiasan pohon jeruk kimkit yang akan dipajang di halaman rumahnya. Pohon jeruk kimkit ini dijual mulai dari Rp 800 ribu (ukuran pot kecil) hingga puluhan juta (ukuran pot besar). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Untuk tahun ini, pohon jeruk Imlek yang dijual, langsung didatangkan dari China sebanyak empat kontainer, di mana satu kontainer berisi 3.000 pohon jeruk kimkit. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading