Foto Internasional

Foto Satelit! Potret Nyata Horor Perang, Kawah Bom-Kota Hantu

News - Twitter @Maxar, CNBC Indonesia
13 January 2023 06:10
Foto satelit baru dibagikan Maxar terkait lokasi terbaru perang sengit antara Rusia dan Ukraina, melalui media Twitter Kamis (12/1/2023).

Foto satelit baru dibagikan Maxar terkait lokasi terbaru perang sengit antara Rusia dan Ukraina, melalui media Twitter Kamis (12/1/2023). Gambar di atas adalah medan perang terdepan di wilayah Bakhmut, Olas Donetsk, Ukraina Timur. Diambil 7 Januari lalu, ribuan kawah bom terlihat di ladang dan sepanjang jalan di dalam dan sekitar kota itu. (Twitter @Maxar)

Ini merupakan foto satelit kota yang juga tengah dilanda peperangan intens di Bakhmut, Soledar. Dari atas terlihat bagaimana, rumah, sekolah, dan bangunan yang telah hancur akibat pertempuran panjang selama sebulan diambil 10 Januari 2023. (Twitter @Maxar)

Ini berbeda dengan gambar yang diambil 1 Agustus 2022. Di mana bentuk bangunan masih terlihat dengan ideal. (Twitter @Maxar)

Titik kehancuran juga terlihat di sudut lain kota di tanggal yang sama. Gambar di atas awalnya adalah sebuah komplek apartemen diambil 10 Januari 2023. (Twitter @Maxar)

Pemandangan itu berbeda dengan foto satelit yang sama 1 Agustus. Di mana bangunan masih terlihat dengan jelas. (Twitter @Maxar)

Citra lain menunjukkan kerusakan parah pada bangunan dan infrastruktur. Gambar ini diambil setelah 4 Januari 2023. (Twitter @Maxar)

Padahal kondisi di 1 Agustus, wilayah itu masih terlihat "utuh". (Twitter @Maxar)
Kehancuran itu mengingatkan pada Kota Mariupol yang sebelumnya juga jadi wilayah pertempuran sengit. Suasana bak kota hantu terlihat dari citra satelit. (Twitter @Maxar)
Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading