Foto Internasional

Intip Potret Horor Lokasi Perang Baru 'Mesin Pembunuh' Putin

News - Video Reuters/Olena Harmash and Clodagh Kilcoyne, CNBC Indonesia
12 January 2023 05:52
"Mesin pembunuh" Presiden Rusia Vladimir Putin, unit pasukan Wagner, mengklaim sudah menguasai kota pusat pertempuran baru saat ini, Soledar, di Ukraina Timur.

Pasukan Rusia dan Ukraina terlibat dalam pertempuran sengit sejak awal pekan ini di kota Soledar di Ukraina timur. Dalam update terbaru, "mesin pembunuh" Presiden Rusia Vladimir Putin, unit pasukan Wagner, mengklaim sudah menguasai kota baru pusat pertambangan itu, Rabu (11/1/2023). (Video Reuters/Olena Harmash and Clodagh Kilcoyne)

"Unit Wagner menguasai seluruh wilayah Soledar," tulis The Independent mengutip badan-badan Rusia yang melansir kepala Wagner Yevgeny Prigozhin. "Sebuah 'kawah' telah dibentuk di pusat kota tempat pertempuran perkotaan terjadi," tambahnya. (Video Reuters/Olena Harmash and Clodagh Kilcoyne)

Grup tersebut juga mengaku menangkap sejumlah tahanan. Pengumuman akan dirilis segera. Beberapa video dari jauh ditangkap kamera menunjukkan bagaimana wilayah itu saat ini.(Video Reuters/Olena Harmash and Clodagh Kilcoyne)

Wagner sendiri merupakan perusahaan militer swasta yang dipimpin Prigozhin. Kelompok itu telah dikaitkan dengan serangkaian kekejaman dalam perang, bukan hanya Ukraina tapi juga Suriah. Dalam beberapa bulan terakhir, Wagner dilaporkan telah merekrut ribuan narapidana Rusia dari penjara untuk bergabung dalam pertempuran di Ukraina. Hal ini membuat mereka terkenal tanpa ampun. (Video Reuters/Olena Harmash and Clodagh Kilcoyne)

Sementara itu dalam laporan CNN International, seorang tentara Ukraina yang bertempur di Soledar mengatakan situasinya "kritis". Jumlah korban tewas sekarang sangat tinggi sehingga "tidak ada yang menghitung korban tewas".(Video Reuters/Olena Harmash and Clodagh Kilcoyne)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading