FOTO

Kian Menjamur, Potret Starling di Tengah Hiruk-pikuk Jakarta

News - CNBC Indonesia/Muhammad Sabki, CNBC Indonesia
11 January 2023 21:10
Pedagang kopi keliling atau kerap disebut starling sering terlihat hilir mudik setiap hari di jalan-jalan trotoar Jakarta.

Pedagang kopi keliling menyiapkan minuman di kawasan Pedestrian Sudirman, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Pedagang kopi keliling atau kerap disebut starling sering terlihat hilir mudik setiap hari di jalan-jalan trotoar Jakarta. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Masyarakat yang menjajal profesi yang satu ini pun makin banyak jumlahnya di ibu kota. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Mereka menjajakan sederet minuman sachetan. Mulai dari kopi hingga teh manis. Mau yang panas ataupun yang dingin. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Kopi keliling tidak hanya dikenal sebagai idola para kuli proyek atau pekerja jalanan para pembeli pun dari pekerja kantoran di gedung-gedung Jakarta. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Rasdi pedagang asal Jawa Timur mengaku mengatakan penghasilan sehari Rp 100-Rp 200 ribu. "Tergantung biasanya kalau ada acara besar di Jalan Jakarta seperti demo bisa sampai Rp 300-Rp 400 ribu bersihnya"katanya. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Ia mengatakan membeli rencengan kopi berikut air panasnya di sebuah agen. Rasdi dan para pedagang starling lainnya juga tinggal di dalam satu kompleks yang sama namun enggan memberitahukan lokasi tinggalnya. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Para pedagang starling juga takut pada iring-iringan Satpol PP. Sering kali mereka harus main kucing-kucingan dengan Satpol PP. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading