Foto Internasional

Saat 'Keanehan' Muncul di Arab, Salju-Gunung Tandus Menghijau

News - Getty/Tangkapan Layar Twitter/Facebook, CNBC Indonesia
10 January 2023 16:35
Arab Saudi dikenal dengan wilayah yang tandus. Namun sejumlah hal langka terjadi di beberapa bulan terakhir. Potret 'keanehan' ini terlihat dari sejumlah foto.

Arab Saudi dikenal dengan negara kering dan tandus. Tapi sejumlah hal langka seperti 'keanehan' terjadi beberapa tahun dan bulan terakhir. (Tangkapan layar Twitter RCMC_KSA)

Salah satunya, adalah kemunculan salju di Desember 2022. Saudi Press Agency (SPA) menjelaskan bahwa salju dan musim dingin sangat terasa di Gunung Al Lawz di wilayah Tabuk. Area ini terletak 1.000 km dari kota Jeddah. Hal ini sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Foto sempat dibagikan kedutaan Arab Saudi di AS. (Tangkapan layar Twitter Kedubes Arab Saudi di AS @SaudiEmbassyUSA)

Salju sendiri beberapa kali turun di wilayah barat laut Alkan dan Gunung Al Lawz. Namun, salju jarang mencapai bagian selatan Tabuk, tempat Pegunungan Harrah berada. Hal ini dimanfaatkan warga untuk berwisata akhir Desember lalu, mengutip Saudi Press Agency (SPA). (IBRAHIM ASSIRI/AFP via Getty Images)

Ternyata bukan cuma salju. Terbaru keanehan lain muncul di Arab Saudi, yakni kala pegunungan tandus di Makkah Al-Mukarramah menjadi dipenuhi oleh tumbuhan yang menjadikannya pegunungan hijau. Foto-foto dibagikan media Haramain Sharifan melalui akun media sosial Facebook 7 Desember lalu. (Tangkapan layar Facebook Haramain Sharifain)

Mengutip The New Arab, ini terjadi akibat tingginya curah hujan di wilayah itu saat ini. Bahkan banjir sempat terjadi di beberapa tempat. (Tangkapan layar Facebook Haramain Sharifain)

Disebutkan bagaimana Makkah menerima hujan 2-3 hari setiap tahun mengalami hujan terus menerus setiap dua hari sekali selama sekitar seminggu terakhir. (Tangkapan layar Facebook Haramain Sharifain)

"Alhasil lanskap dan lembah Dua Kota Suci menjadi hijau di tengah pasokan air hujan yang terus menerus. Namun diperkirakan lanskap akan kembali tandus setelah musim hujan reda," tulis media itu dikutip Selasa (10/1/2023). (Tangkapan layar Facebook Haramain Sharifain)

"Alhamdulillah dan terima kasih kepada Tuhan saja, kami meminta Yang Mahakuasa untuk mengabadikan (tanaman hijau) sebagai berkah bagi kami dan melindunginya. dari menghilang," kata seorang pengguna Twitter. (Tangkapan layar Facebook Haramain Sharifain)

Sementara itu, dalam laporan lain Saudy disebut tak sedikit masyarakat yang mendatangi wilayah tersebut untuk menikmati suasana keindahan alam. Mereka bahkan berlatih berbagai kegiatan, termasuk mengadakan barbekyu dan di luar ruangan hingga dini hari. (Tangkapan layar Twitter RCMC_KSA)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading