FOTO

'Tsunami' PHK Ngeri, Ini Penampakan Pabrik Dijual Pinggir DKI

News - Suhendra, CNBC Indonesia
10 January 2023 16:00
PHK massal sektor garmen yang berbasis ekspor belakangan cukup ramai, bahkan ada pabrik di pinggiran Jakarta tutup dan dijual pemiliknya.

Salah satu pabrik garmen di Jalan Ciputat-Parung, Depok, Jawa Barat dijual oleh pemiliknya. Pabrik ini sudah menghentikan operasi dan PHK massal pekerjanya setidaknya pada 3 bulan lalu. Kondisi ini bersamaan dengan tren PHK massal sektor padat karya akhir 2022 lalu karena mulai seretnya order dari pasar global.

Pabrik garmen ini saat masih operasi merupakan salah satu pemasok produk pakaian jadi seperti sweater untuk pasar ekspor. Namun, kini terpaksa dijual oleh pemiliknya.

Pabrik garmen ini saat beroperasi setiap petang saat jam pulang kerja pabrik, ratusan pekerja keluar bersamaan dan memicu keramaian di pinggir jalan. Kini para pekerja yang ditaksir 500 orang itu sudah tak lagi bekerja di pabrik, karena pabrik tutup dan dijual pemiliknya.

Salah satu penjaga kawasan pabrik ini, mengatakan pemicu pabrik tutup dan dijual karena persoalan order. Pemilik menyewa jasa agen properti untuk menjual pabrik ini.

Sungguh disayangkan pabrik ini tutup, sebagai salah satu pabrik penerima fasilitas kawasan berikat, harusnya pabrik ini bisa menyumbang devisa ekspor, menyerap tenaga kerja dan lainnya.

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading