Foto Internasional

Pertempuran Makin Sengit, Kota Kunci Ukraina di Ujung Tanduk

News - AP, AFP, CNBC Indonesia
10 January 2023 21:15
Perang Rusia dan Ukraina masih berlanjut. Terbaru, pertempuran berdarah dilaporkan terjadi di Soledar, Ukraina Timur

Perang Rusia dan Ukraina masih berlanjut. Terbaru, pertempuran berdarah dilaporkan terjadi di Soledar, Ukraina Timur (9/1/2023) waktu setempat. (AP/LIBKOS)

Perlu diketahui wilayah ini terletak di kawasan industri Donbas. Wilayah itu memang jadi pusat pertempuran sejak perang terjadi. Soledar juga dekat dengan Bakhmut. Dua wilayah ini tengah coba dipertahankan Ukraina dari pendudukan Rusia. (AP/LIBKOS)

Sejumlah laporan, di antaranya Reuters, menyebut bagaimana "menggilanya" pasukan Ukraina di sana. Pasukan Ukraina sempat memukul mundur Rusia, termasuk unit Grup Wagner. (AP/LIBKOS)

Wagner sendiri adalah pasukan yang direkrutan dari penjara Rusia dan dikenal karena kekerasan tanpa kompromi. Wagner didirikan oleh Yevgeny Prigozhin, sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin. (AP/LIBKOS)

Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Soledar dan Bakhmut "bertahan" meskipun kehancuran meluas. Dia mengutip serangan baru dan lebih ganas di Soledar, di mana dia mengatakan tidak ada tembok berdiri yang tersisa dan tanah ditutupi dengan mayat Rusia. (AFP/SERGEY BOBOK)

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut telah mengirim serangan rudal terhadap gedung-gedung di kota Kramatorsk dan mengklaim telah menewaskan setidaknya 600 tentara Ukraina. Ini adalah operasi balas dendam atas serangan maut dari negara tetangganya ke barak Rusia di Makiivka, wilayah Donetsk Ukraina yang dikendalikan Rusia dan menewaskan 89 tentara Kremlin. (AFP/SERGEY BOBOK)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading