Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Mencuat, Bakal Hari Ini?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 January 2023 09:47
Presiden Joko Widodo melakukan Peresmian Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Padang, Seksi Pekanbaru - Bangkinang, 4 Januari 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Joko Widodo melakukan Peresmian Jalan Tol Ruas Pekanbaru - Padang, Seksi Pekanbaru - Bangkinang, 4 Januari 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Isu reshuffle atau pergantian menteri di Kabinet Indonesia Maju semakin memanas. Sinyal reshuffle kabinet muncul saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Bogor beberapa waktu lalu (23/12/2022).

Kepada wartawan, Jokowi mengutarakan kemungkin akan me-reshuffle kabinet. Namun, dirinya tidak menjelaskan kapan reshuffle tersebut. Perihal ini pun diungkap kembali saat mengunjungi Pasar Tanah Abang pada Senin (2/1/2023).

Dia meminta kepada semua pihak bersabar perihal wacana reshuffle kabinet. Permintaan itu disampaikan Jokowi saat ditanya apakah akan melakukan perombakan susunan menteri pada tahun ini.

"Ditunggu saja, ditunggu saja," ujar Jokowi di Pasar Tanah Abang, Jakarta, dikutip Kamis (5/1/2023).

Melihat sinyal ini, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin berharap agar menteri yang diganti tidak marah dan kecewa. Dia meminta sosok yang diganti harus tetap semangat dan berterima kasih kepada Jokowi.

"Kalau nanti ada menteri yang di ganti harus tetap semangat dan tersenyum seperti saat awal anda dipilih jangan marah, jangan dongkol karena waktu anda sdh sampai disini saja. Tetap dan harus berterima kasih pada Presiden saat diangkat dan diberhentikan oleh beliau," tegasnya.

Dia mengatakan reshuffle akan dilakukan pada bulan Januari ini. Ngabalin meminta semua pihak menunggu dengan sabar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Rombak Kabinet, Tiga Sosok Baru Duduki Kursi Menteri!


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading