Foto Internasional

Potret 'Senyum Manis' Xi Jinping Mendarat di Arab Saudi

News - Getty Images, CNBC Indonesia
08 December 2022 12:43
Presiden China Xi Jinping tiba di Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan dengan MBS.

Presiden China Xi Jinping disambut oleh Emir Riyadh Faisal bin Bende bin Abdulaziz, dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan saat tiba di Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi, Rabu (7/12/2022) waktu setempat. (Saudi Arabian Foreign Ministry / Handout/Anadolu Agency via Getty Images)

Ketibaan orang nomor satu di China ini akan menjadi sorotan setelah kunjungan pemimpin rivalnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, ke negara kaya minyak itu. (Saudi Arabian Foreign Ministry / Handout/Anadolu Agency via Getty Images)

Xi dilaporkan CNN International disambut 'karpet mewah' di negeri Raja Salman itu. Menurut media pemerintah China dan Saudi, Xi akan berada di Saudi selama tiga hari. (Saudi Arabian Foreign Ministry / Handout/Anadolu Agency via Getty Images)

Sejumlah pihak menuturkan fokus kunjungan Xi kali ini adalah meningatkan kerja sama di sektor energi. China adalah pembeli terbesar minyak Saudi sejak 2016. Beijing dan Riyadh tampaknya ingin memperluas kerja sama mereka dalam hal energi dan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di tengah ancaman krisis dan inflasi saat ini. Dikutip AFP, dia mengatakan kedua negara akan berusaha meningkatkan kerja sama dalam rantai pasokan energi. (Saudi Arabian Foreign Ministry / Handout/Anadolu Agency via Getty Images)

Lawatan Xi Jinping ke Riyadh ini menandakan hubungan China-Saudi yang kian mesra. Pertemuan Xi Jinping dengan Raja Salman dan MbS nanti pun berlangsung di tengah hubungan kedua negara dengan AS memburuk sehingga lawatan ini disebut bikin Negeri Paman Sam keki. (Saudi Press Agency via AP)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading