FOTO

Intip Perawatan Rangkaian MRT Jakarta di Depo Lebak Bulus

News - CNBC Indonesia/Andrean Kristianto, CNBC Indonesia
06 December 2022 19:39
Petugas melakukan pengecekan kondisi rangkaian Ratangga MRT di area Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Petugas melakukan pengecekan kondisi rangkaian Ratangga MRT di area Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Pemeliharaan dan perawatan menyeluruh kereta Ratangga MRT Jakarta meliputi pemeriksaan harian, bulanan dan pengecekan dan perawatan besar yang dilakukan selama 4 tahun sekali seperti overhaul atau turun mesin. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Perawatan akhir yang dilaksanakan secara rutin setiap empat tahun sekali ini meliputi pemeriksaan kondisi kereta seperti pembersihan dan pencucian serta pengetesan dan penggantian pelumas bogie, perawatan dan pengetesan sistem kelistrikan, serta pengecekan sistem pengereman. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Selain itu juga dilakukan overhaul yang merupakan pekerjaan turun mesin yang membongkar dan memeriksa secara saksama. Sistem mekanikal dan propulsi kereta otomatis ratangga secara umum mengacu kepada kereta di Jepang. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Peralatan yang digunakan oleh tim perawatan kereta MRT Jakarta juga mengadopsi jenis peralatan workshop Moriya Depot Tsukuba Express. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Penggunaannya, termasuk peralatan persinyalan otomatis, akan ada alih pengetahuan dan keterampilan dari tim JR East, JRTM, dan JIC, Jepang. PT MRT Jakarta (Perseroda) memiliki 16 rangkaian kereta atau 96 unit cars yang akan dioverhaul hingga 2023 mendatang. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Proses perawatan ini tidak akan mengganggu jadwal operasional sehingga masyarakat dapat terus menikmati layanan MRT Jakarta seperti biasa. Kereta MRT Jakarta merupakan kereta buatan perusahaan Nippon Sharyo, Jepang. Didominasi warna biru dan abu-abu metalik, satu kereta memiliki panjang hingga 20 meter dengan berat kosong mencapai 31—35 ton. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Satu kereta berkapasitas 332 orang dengan tempat duduk menggunakan bahan fiber reinforced plastic yang tahan api. Jendela kereta juga dibuat dengan bahan safety glassesyang menyerap panas. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Setiap kereta dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan, dua kamera pengawas (CCTV), layar informasi, intercom, tuas darurat pembuka pintu, alat pemadam api ringan, dan lain-lain. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading