FOTO

Duh... Sepeda Layanan Bike Sharing Era Anies Terbengkalai

News - CNBC Indonesia/Tri Susilo, CNBC Indonesia
30 November 2022 20:40
Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menarik 218 unit sepeda sewa di 67 titik tambat di ibu kota secara bertahap karena kesulitan pendanaan dari operator.

Warga melewati sejumlah sepeda sewa yang rusak terparkir di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (30/11/2022). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Sepeda sewa tersebut merupakan layanan bike sharing atau sepeda umum berbasis aplikasi yang disediakan Pemprov DKI Jakarta sejak pandemi Covid-19. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Penarikan dilakukan lantaran pihak Gowes selaku operator layanan Bike Sharing turut terdampak pandemi saat pandemi Covid-19. Sehingga mereka tidak dapat melanjutkan operasional sepeda sewa akibat mengalami kesulitan dalam pendanaan. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi kepada stakeholder atau calon operator yang berpotensi untuk mengelola penyewaan sepeda. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Penarikan sepeda sewa ini disebabkan berbagai faktor, mulai dari minimnya minat warga untuk menyewa sepeda hingga membuat sepeda yang tersedia menjadi teronggok dan terbengkalai. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Selain itu, kondisi sepeda yang kurang terawat mendorong penyewaan sepeda kurang diminati masyarakat. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Pantauan CNBC Indonesia di lokasi, ada sepeda yang sudah tidak ada jok. Sedangkan sepeda lainnya kotor tak terawat.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Penarikan sepeda ini dilakukan karena adanya kajian dan evaluasi terkait jalur sepeda serta menyesuaikan dengan Pergub Nomor 36 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan penyewaan sepeda terintegrasi angkutan umum massal. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Selanjutnya, pada 2023, Dinas Perhubungan DKI akan melakukan evaluasi dan optimalisasi jalur sepeda dengan anggaran direncanakan mencapai Rp7,5 miliar. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading