Internasional

Mantan Presiden China Jiang Zemin Meninggal Dunia

News - sef, CNBC Indonesia
30 November 2022 17:01
Mantan presiden Tiongkok Jiang Zemin menghadiri sesi pembukaan Kongres Partai Komunis Tiongkok di Aula Besar Rakyat pada 18 Oktober 2017 di Beijing, Tiongkok. Musyawarah Nasional BPK ke-19 akan berlangsung selama 7 hari dan akan dibentuk panitia pusat BPK yang baru.  (Lintao Zhang/Getty Images) Foto: Mantan presiden Tiongkok Jiang Zemin menghadiri sesi pembukaan Kongres Partai Komunis Tiongkok di Aula Besar Rakyat pada 18 Oktober 2017 di Beijing, Tiongkok. Musyawarah Nasional BPK ke-19 akan berlangsung selama 7 hari dan akan dibentuk panitia pusat BPK yang baru. (Dok. File - Getty Images/Lintao Zhang)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan presiden China Jiang Zemin meninggal dunia Rabu (30/11/2022). Ia meninggal dalam usia 96 tahun akibat leukemia dan kegagalan sejumlah organ.

Hal ini dilaporkan Xinhua, sebagaimana dikutip Reuters dan CNBC International. Ia meninggal di rumahnya di Shanghai sekitar pukul 12:13 sang waktu setempat.

"Kematian Jiang Zemin merupakan kerugian yang tak terhitung bagi partai kami dan militer kami serta orang-orang kami dari semua kelompok etnis," bunyi pengumuman itu.

"Kamerad kita tercinta Jiang Zemin sebagai pemimpin luar biasa dengan prestisi tinggi, seorang Marxis yang hebat, negarawan, ahli strategi militer dan diplomat, dan pejuang komunis yang telah lama teruji," tabah pengumuman itu lagi.

Jiang menjadi Ketua Partai Komunis China (PKC) dari 1989 hingga 2002. Ia menjadi presiden sejak 1993 hingga 2003.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Es Krim di China Tak Meleleh Usai Dibakar, Bikin Was-was


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading