Jokowi Puas, Investasi Luar Jawa Melimpah Ruah

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
30 November 2022 13:01
Presiden Joko Widodo Saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Bank Indonesia) Foto: Presiden Joko Widodo Saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo mengemukakan rasa puasnya terkait dengan laporan perkembangan investasi di luar Jawa. Hal ini disampaikannya dalam pidato sambutan di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022, Rabu (30/11/2022).

Menurut Jokowi, pangsa investasi di luar Jawa kini telah mencapai 53%. Padahal sebelumnya, perbandingan investasi di Jawa dan luar Jawa cukup jauh, yakni 70:30.

Jokowi mengklaim pencapaian investasi yang merata di luar Jawa dipicu oleh pembangunan infrastruktur yang masif.

"Inilah keberhasilan pembangunan infrastruktur mempertemukan titik ekonomi baru menuju investasi luar Jawa," ujar Jokowi.

Dia mencontohkan pembangunan infrastruktur pariwisata di Mandalika dan Labuan Baju, Nusa Tenggara Timur, serta Morowali yang menjadi pusat ekonomi baru di luar Jawa.

"Artinya infrastruktur yang dibangun luar Jawa memberi pengaruh besar pada titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa," tegasnya.

Dia berharap ke depannya pemerintah bisa optimistis untuk membuat kebijakan yang bermanfaat bagi ekonomi Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Main! Jokowi Bawa Pulang Rp85 T dari Tokyo


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading