Gawat! Jokowi Marah Lagi, APBD Mandek di Bank Rp278 T

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
30 November 2022 10:24
Presiden Joko Widodo Saat Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 Hilirisasi dan Kemitraan untuk Investasi Berkeadilan. (Tangkapan Layar via Youtube Kementerian Investasi - BKPM) Foto: Presiden Joko Widodo Saat Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 Hilirisasi dan Kemitraan untuk Investasi Berkeadilan. (Tangkapan Layar via Youtube Kementerian Investasi - BKPM)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas menegur pemerintah daerah, baik Gubernur, Bupati dan Walikota, yang masih belum merealisasikan belanjanya hingga akhir tahun ini.

Jokowi tidak habis pikir. Dia mengungkapkan pemerintah berupaya mencari uang dari luar untuk ditransfer ke daerah, tetapi tidak dipakai. Dia pun mengecek langsung kepada Menteri Keuangan, terkait dengan jumlah APBD yang mandek di bank.

"Pagi tadi saya tanya Bu menteri ada berapa uang di kabupaten dan kota serta provinsi yang ada di bank, belum dipakai. Biasanya tahun lalu di bulan seperti ini paling Rp 210 - Rp 220 triliun, pagi tadi kita cek uang yang ada di bank masih Rp 278 triliun," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 Hilirisasi dan Kemitraan untuk Investasi Berkeadilan, Rabu (30/11/2022).

Jokowi pun tampak geram. Menurutnya, jika uang tersebut cepat direalisasikan, ekonomi daerah dapat terdampak positif.

"Kita cari investasi agar dapat arus modal masuk, yang sudah ada di kantong gak dipake Rp 278 triliun itu gede banget," tegas Jokowi.

Dia pun meminta Menteri Dalam Negeri untuk melakukan pengecekan satu per satu. Situasi sulit apa yang dihadapi daerah sehingga APBD-nya mengendap di bank.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Transferan Jokowi Rp800 T Habis 'Dimakan' PNS Daerah


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading