Jawaban Erick Thohir Soal Isu Dana BUMN untuk Relawan Jokowi

News - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
29 November 2022 20:14
Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama para menteri untuk memastikan keamanan energi nasional di sela-sela persiapan G20. (tangkapan Layar via Twitter @erickthohir) Foto: (tangkapan Layar via Twitter @erickthohir)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bicara terkait acara Nusantara Bersatu yang dihadiri Presiden Jokowi dan ribuan relawannya di Gelora Bung Karno (GBK) pekan lalu. Kabar yang beredar, ada aliran dana yang berasal dari perusahaan pelat merah.

"Kalau aliran dana sudah disebutkan kok, sudah ada beberapa anggota DPR bicara, tidak benar," ujarnya saat ditemui di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Erick menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dan dirinya berani menjamin bahwa tidak ada keterlibatan BUMN dalam agenda tersebut. Bahkan, ia akan menangkap petinggi perusahaan BUMN jika terbukti benar.

"Tidak benar ada aliran dana dari BUMN. Silahkan periksa. Kalau ada, saya tangkap direksinya," tegasnya.

Erick mengaku, pihaknya tidak dapat melarang para komisaris ikut kegiatan politik di luar jam kerja. Sebab, hal itu merupakan hak komisaris yang memiliki.

"Kalau yang namanya komisaris di jam-jam yang bukan waktunya ya saya nggak bisa dong. Ada yang ikut kegiatan yayasan, ada ikut kegiatan ini kan saya nggak (bisa melarang). Tapi kalau di jamnya harus komit," jelasnya.

Erick meminta agar tidak ada pihak yang menciptakan konflik dengan tuduhan-tuduhan tidak mendasar. Namun, pihaknya sangat terbuka jika ingin dibuktikan bahwa ada petinggi BUMN yang melakukan pelanggaran.

"Kita hidup itu jangan saling menuduh, tapi kalau ada fakta silahkan ini keterbukaan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Erick Thohir Jawab Isu Omnibus Law Ditunggangi & Utang BUMN


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading