Foto Internasional

Warga Jepang Dukung Aksi di China, Ikut Kecam Xi Jinping

News - Getty Images, CNBC Indonesia
29 November 2022 07:00
Sejumlah warga Jepang menggelar aksi solidaritas di depan kedubes China untuk mendukung protes yang dilakukan warga China tentang pembatasan Covid-19.

Sekelompok pengunjuk rasa menggelar aksi solidaritas di depan gedung kedutaan besar China di Tokyo pada (28/11/2022). Dalam aksi tersebut untuk mendukung demonstrasi yang diadakan di China atas pembatasan Covid-19 Beijing yang membuat kekacauan di sejumlah wilayah di China. (RICHARD A. BROOKS/AFP via Getty Images)

Aksi solidaritas warga Jepang tersebut dipicu dari demo yang melibatkan ratusan orang muncul di negeri itu akhir pekan kemarin. Ketidakpuasan ini akibat kebijakan ketat dan penguncian (lockdown) Covid-19. Frustrasi juga mendorong warga meminta kebebasan politik yang lebih besar hingga meneriakkan Presiden Xi Jinping mundur. (RICHARD A. BROOKS/AFP via Getty Images)

Nampak salah satu pengunjuk rasa asal Jepang itu membawa foto dan poster yang bertuliskan Presiden Xi Jinping untuk segera mundur dari jabatannya. (RICHARD A. BROOKS/AFP via Getty Images)

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Presiden China Xi Jinping menegaskan bahwa kebijakan penguncian ketat Covid-19 merupakan langkah yang paling tepat bagi negara itu. Juru Bicara Partai Komunis, Sun Yeli, menjelaskan kebijakan ini telah menjaga tingkat infeksi dan kematian tetap rendah, juga memastikan stabilitas sosial dan ekonomi. (RICHARD A. BROOKS/AFP via Getty Images)

Namun, pakar politik China di National University of Singapore, Alfred Wu, mengatakan bahwa rakyat China telah muak. Ini seharusnya menjadi lonceng besar bagi kekuatan politik negara itu. (RICHARD A. BROOKS/AFP via Getty Images)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading