Top! 555 UMKM Pilihan Siap Hadir di Pertamina SMEXPO 2022

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
28 November 2022 20:02
Pertamina Foto: dok Pertamina SMEXPO 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertamina kembali menggelar pameran UMKM terbesar di akhir tahun ini yakni Pertamina SMEXPO 2022 pada 28 November hingga 4 Desember 2022 secara hybrid. Pameran ini akan menghadirkan 555 UMKM pilihan secara online dari target 1.000 UMKM di seluruh Indonesia. Sementara pameran secara offline akan diselenggarakan di mall FX Sudirman, Jakarta mulai 29 November - 4 Desember 2022.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan Pertamina SMEXPO 2022 merupakan pameran ketiga kalinya yang dipersembahkan khusus untuk UMKM Indonesia sebagai pahlawan ekonomi nasional.

"Indonesia memiliki perbedaan dengan negara lain, karena memiliki UMKM yang memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap perekonomian nasional dan 97% terhadap penyerapan tenaga kerja. Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk terus support UMKM," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Pertamina SMEXPO 2022 tahun ketiga mengusung tema Asli Indonesia, Asli Kerennya. Dengan tema ini, Pertamina SMEXPO diharapkan dapat meningkatkan persepsi masyarakat Indonesia terhadap produk lokal asli Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk mancanegara.

Pertamina SMEXPO akan menghadirkan tiga program utama. Pertama, Edutainment Program yakni kegiatan upskilling, business matching, workshop UMKM dan sharing session bagi UMKM dan masyarakat umum dengan narasumber berpengalaman di bidangnya.

Kedua, Expression Program, yakni showcase dan pameran produk UMKM binaan Pertamina dari seluruh Indonesia. Program ini yang dilengkapi dengan Metaverse yang memungkinkan setiap customer untuk merasakan experience berbelanja langsung dengan menggunakan oculus yang akan ditempatkan di FX Sudirman dan beberapa titik pusat perkantoran Pertamina.

Ketiga, Extravaganza Program, yaitu aktivasi komunikasi yang bertujuan untuk menarik perhatian customer melalui entertainment, live performance dan games.

"Kita harus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Untuk SMEXPO ini Asli Indonesia Asli Kerennya," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pertamina Perkuat Produk Lokal di Industri Perhotelan


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading