Mobil Listrik Hyundai Eks Kepala Negara G20 Muncul, Dijual?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 November 2022 14:25
Hyundai Genesis G80 Electrified di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 Jakarta, Jumat (22/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Hyundai Genesis G80 Electrified (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hyundai Motors Indonesia (HMID) menampilkan mobil kendaraan resmi eks Konferensi Tingkat Tinggi KTT G20 di Ashta District 8, SCBD dari tanggal 23 - 27 November 2022.

Melalui commemorative exhibition tersedia Genesis Electrified G80 Special Edition Long Wheelbase, Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase, dan Hyundai IONIQ 5.

Pada pameran ini, Hyundai ingin membawa dan menampilkan mobil resmi eks G20 kepada masyarakat luas. Dalam acara ini, para pengunjung berkesempatan untuk melihat secara langsung tampilan eksterior dan interior dari kendaraan resmi eks G20 Summit, Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase, yang didesain khusus dan diproduksi secara eksklusif untuk pertama kalinya di Korea dengan logo G20 pada pilarnya dan belum pernah ditampilkan secara langsung
ke publik.

Hyundai juga menghadirkan Genesis Electrified G80 Regular Model StandardWheelbase yang sudah tersedia secara global. Selain itu, Hyundai IONIQ 5 yang digunakan untuk G20 Summit dan diproduksi di Indonesia juga ditampilkan sepanjang pameran.

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, mengucapkan selamat dan kami sangat bangga karena Pemerintah Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah dari G20 Summit.

"Kami juga sangat senang karena Hyundai bisa menjadi bagian dari perjalanan sukses pemerintah Indonesia dalam mendukung menyukseskan perhelatan G20 ini. Selain itu, kami juga melihat antusiasme positif dari masyarakat untuk kendaraan resmi dari Hyundai yang digunakan oleh delegasi berbagai negara pada acara G20 Summit 2022. Maka dari itu, kami ingin menampilkan kendaraan-kendaraan tersebut untuk masyarakat Indonesia," jelasnya.

Selama perhelatan G20 Summit, sebanyak 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition LongWheelbase digunakan sebagai kendaraan Kepala Negara, sedangkan 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan 262 unit Hyundai IONIQ 5 digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari Kepala Negara, rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat. Secara keseluruhan, kendaraan-kendaraan ini merupakan jumlah unit terbesar yang didukung oleh brand otomotif yang turut menyukseskan perhelatan G20 Summit.

Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase sendiri dibekali dengan baterai lithiumion berkapasitas 87.2 kWh, tenaga maksimal sebesar 272 kW (370 PS) yang terdiri dari motor penggerak depan dan belakang. Kendaraan listrik mewah ini dapat mencapai kecepatan maksimal 225 km/jam dengan jarak tempuh hingga 500 km dalam sekali pengisian. Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase memiliki panjang keseluruhan 5.222 mm dengan jarak antar sumbu roda atau wheelbase sepanjang 3.227 mm, dan lebar keseluruhan 1.925 mm.

Ciri khas unik dari Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase terdapat pada eksterior dengan ukuran lebih panjang, yang dapat dilihat dari sisi samping kendaraan. Serta penambahan panjang wheelbase hingga 217 mm dibandingkan dengan versi Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase.

Selama perjalanan menuju G20 Summit, Hyundai secara konsisten mendukung keberhasilan Presidensi G20 Indonesia, dimulai dari akhir bulan Oktober tahun lalu yang merupakan pengumuman pertama kali dari Hyundai Motor Group di pameran Hyundai Electric Vehicle yang mengusung tema 'The Future EV Ecosystem for Indonesia'.

Namun, Hyundai belum bisa memastikan 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase apakah akan dijual di Indonesia atau tidak.

"Segera kami umumkan ketika ada update. Karena itu entitas berbeda, Hyundai dan Genesis, tapi masih 1 grup," kata Head of Marketing Department HMID Astrid Ariani dalam diskusi media, Jumat (25/11/22) di Astha 8.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mobil 'Penghancur' Avanza Makin Ngeri, Pakai Captain Seat


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading